BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Soal Pelanggaran HAM Prabowo, Hashim: Sudah 10.000 Kali Dibahas, Tak Ada Bukti Sama Sekali

BIMATA.ID, Jakarta- Adik dari calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, mengatakan bahwa isu pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan kakaknya sudah dibahas lebih dari 10.000 kali.

Akan tetapi, menurut Hashim, Prabowo tidak pernah terbukti melakukan pelanggaran HAM ataupun penculikan terhadap para aktivis ’98.

BACA JUGA: Survei JSPP dan Ragaplasma: Elektablitas Prabowo-Gibran Unggul di Jabar

“Sebetulnya masalah HAM, pelanggaran, penculikan itu sudah dibahas, sudah 1.000 kali, 10.000 kali itu sudah dibahas, sudah lama, dan tidak ada bukti sama sekali,” ujar Hashim di acara Guyub Nasional di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023).

Hashim lantas mengungkit momen Prabowo menjadi calon wakil presiden (cawapres) Megawati Soekarnoputri pada tahun 2009. Saat itu, Hashim mengatakan, orang-orang sudah berbicara mengenai Prabowo yang disebut melakukan penculikan kepada aktivis ’98.

Akan tetapi, PDI-P dan Megawati tetap mengambil Prabowo sebagai cawapres. Diketahui, pasangan Megawati-Prabowo kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009.

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Janji Tak Akan Main-Main dengan Subsidi BBM

“Prabowo tahun 2009 jadi cawapres Ibu Megawati Soekarnoputri. Kalau orang bicara mengenai pelanggaran HAM, penculikan, dan sebagainya, tahun 2009 PDI-P dan Ibu Mega sudah tahu itu semua,” kata Hashim. “Namun, mereka tetap meminta, Ibu Mega tetap meminta Pak Prabowo sebagai cawapresnya,” ujarnya lagi.

Budiman Sudjatmiko sebut Prabowo pernah mengaku

Mantan politikus PDI-P yang juga aktivis ’98 Budiman Sudjatmiko mengatakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pernah mengaku sudah memulangkan semua aktivis korban penculikan pada tahun 1998 silam.

Hanya saja, Prabowo tidak mengetahui nasib korban penculikan yang hingga saat ini tidak pernah kembali ke rumah atau dinyatakan hilang. Setidaknya ada 13 korban penculikan tahun 1997-1998 yang sampai saat ini masih hilang.

BACA JUGA: Adik Prabowo Subianto Ungkap Indikasi Korupsi Mark Up Senjata di Kemenhan

Hal tersebut disampaikan Budiman dalam program Gaspol!, seperti disiarkan di kanal YouTube Kompas.com pada 26 Juli 2023. Budiman menjelaskan, pada 2002, dirinya bersama salah satu korban penculikan yang dipulangkan ke rumah, Nezar Patria, mewawancarai Prabowo.

“Ya kenapa tidak? Kenapa tidak kalau suatu saat kita bisa berbicara itu dengan Pak Prabowo? Meskipun saya 2002 sudah tanyakan itu. Saya lupa menyampaikannya (sekitar) 2002 saat saya sama Nezar mewawancara,” ujar Budiman dalam program tersebut.

Budiman lalu mengungkapkan jawaban Prabowo saat itu. Menurut dia, Prabowo mengakui dirinya memang menculik para aktivis. Akan tetapi, ia sudah mengembalikan semua korban penculikan ke rumahnya masing-masing.

Sementara itu, Prabowo disebut mengaku tidak tahu nasib aktivis lain yang hingga saat ini tidak diketahui keberadaannya.

BACA JUGA: Rangkul Kawan Maupun Lawan, Prabowo Sukses Pikat Hati Masyarakat

“(Prabowo bilang) ‘Yang saya ambil sudah kembali semua. Saya kembalikan semua. Saya tidak tahu kenapa sebagian tidak pernah kembali ke rumah. Tapi, yang saya ambil saya sudah lepaskan semua’. Itu pengakuannya,” kata Budiman Sudjatmiko.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close