BeritaInternasionalKesehatanNasionalPolitik

Kurniasih Mufidayati Mendorong Pemerintah untuk Memberikan Bantuan Medis ke Gaza

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati berharap Pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan, dapat melakukan upaya untuk memastikan bantuan medis dan logistik mencapai Gaza.

Saat ini, Pemerintah Indonesia bersiap untuk mengirimkan bantuan tahap pertama ke Palestina melalui perbatasan Rafah di Mesir. Bantuan tahap pertama ini mencakup alat kesehatan, peralatan medis, kit kebersihan, peralatan musim dingin, bantuan medis, bahan makanan, dan sleeping bag dengan total berat 51,1 ton.

“Kami berharap upaya diplomasi pemerintah dapat memastikan bahwa bantuan alat dan bahan medis, terutama, dapat sampai ke Gaza. Kami telah menerima informasi bahwa fasilitas kesehatan di Gaza menghadapi banyak masalah, bahkan beberapa di antaranya telah kolaps. Oleh karena itu, dukungan dari masyarakat Indonesia akan sangat berarti sesuai dengan kebutuhan di sana,” ungkap Kurniasih dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga : Rencana Kirim Kapal Rumah Sakit TNI untuk Palestina, Prabowo akan Terbang ke Kairo

Kurniasih menjelaskan bahwa berbagai berita telah mengabarkan bahwa rumah sakit di Gaza terpaksa melakukan penghematan dalam penggunaan bahan medis, termasuk obat bius yang digunakan untuk operasi. Bahan medis yang seharusnya sekali pakai (disposable) juga terpaksa digunakan ulang karena keterbatasan peralatan medis.

Kurniasih juga menyebutkan bahwa Kementerian Kesehatan Indonesia telah memiliki pengalaman dalam memberikan bantuan internasional dalam situasi darurat seperti banjir di Pakistan dan gempa bumi di Turki. Ia berharap bahwa bantuan kemanusiaan Indonesia saat ini dapat sampai dengan efektif dan membantu masyarakat Gaza yang mengalami kesulitan dari berbagai sisi.

Simak Juga : Hadiri HUT Partai Golkar ke-59, Prabowo: Kami Siap Berikan Segalanya untuk Bangsa dan Negara

“Rumah sakit di Gaza telah mengalami kerusakan, ambulans menjadi sasaran, dan tenaga kesehatan terancam. Jumlah pasien yang datang sangat banyak, dan situasinya sudah mencapai tingkat kejahatan kemanusiaan, dengan dengan sengaja menghambat layanan kesehatan sambil menyasar masyarakat sipil, yang berakibat pada korban jiwa,” jelas Politisi PKS ini.

Kurniasih juga memberikan ucapan selamat kepada kontingen kemanusiaan Indonesia yang terdiri dari organisasi non-pemerintah (NGO) dan pemerintah yang bertugas untuk membawa misi kemanusiaan ke Palestina.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close