BeritaEkonomiNasional

Ini Pesan Presiden Jokowi Saat Penyerahan DIPA dan Buku Daftar Aplikasi TKD TA. 2024  

BIMATA.ID JAKARTA  Acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024  dilaksanakan secara digital oleh Presiden RI Joko Widodo bertempat di Istana Negara Jl. Veteran, Gambir, Jakarta Pusat. Rabu (29/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut ada lima pesan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo diantaranya, bahwa Kementerian/Lembaga harus menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya dan sesuai peruntukannya. “Pesan pertama, Kementerian /Lembaga harus menggunakan anggaran secara disiplin, teliti dan tepat sasaran”, ucap Presiden.

 “Pesan yang kedua utamakan transparansi dan akuntabilitas, jangan sampai ada celah sedikitpun dalam penggunaan anggaran yang berkaitan dengan korupsi, tutup celah itu,” sambungnya.

Selanjutnya pesan yang ketiga Kepala Negara berpesan pelaksanaan anggaran dipercepat realisasinya. “Jangan sampai akhir tahun penyerapannya masih rendah,” ujar Jokowi.

Presiden melanjutkan, Kementerian/Lembaga agar menyiapkan antisipasi ketidakpastian melalui automatic adjusment.

Selanjutnya Presiden menekankan pentingnya penguatan sinergi dan harmonisasi kebijakan pemerintah pusat. 2024 adalah tahun terakhir periode pemerintah ini, saya pesan agar anggaran dioptimalkan, tuntaskan pembangunan yang belum selesai untuk memperkuat fondasi bagi pemerintah yang akan datang,” pungkas Presiden.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close