BeritaKesehatanRegional

Dinkes Lampung Nyatakan Belum Ada Kasus Cacar Monyet

BIMATA.ID, Lampung – Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung Edwin Rusli menyatakan bahwa di daerahnya belum ditemukan kasus cacar monyet atau Monkey pox (Mpox).

“Kasus cacar monyet ini memang sudah ada di beberapa daerah di luar Lampung, tapi kita bersyukur walaupun dekat dengan Banten saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet,” kata Edwin, dikutip dari antaranews, Kamis (02/11/2023).

Baca Juga : Koalisi Indonesia Maju di Lombok Utara Mulai Gerakkan Mesin Partai Menangkan Prabowo-Gibran

Dirinya menuturkan, meski belum ditemukan kasus terkonfirmasi positif cacar monyet di daerahnya, akan tetapi langkah antisipasi tetap perlu dilakukan.

“Langkah pencegahan tetap perlu dilakukan seperti dengan tetap harus menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi. Lalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar terhindari dari berbagai penyakit salah satunya cacar monyet,” tuturnya.

Dia mengucapkan, selain itu untuk mencegah penularan kasus cacar monyet sampai ke daerahnya, pihaknya telah menurunkan petugas surveilans guna melaksanakan tugasnya melakukan pemantauan di lapangan.

“Saat ini benar-benar belum ada (kasus cacar monyet), petugas surveilans juga tetap melakukan tugasnya untuk melakukan pemantauan di lapangan secara rutin,” ucapnya.

Simak Juga : Begini Kelengkapan RS TNI dr Sadjiman yang Diresmikan Prabowo di Bogor untuk Masyarakat Umum dan TNI

Ia melanjutkan, sedangkan untuk pengawasan dari sisi menjaga pintu masuk ke Provinsi Lampung, pihaknya juga bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam melakukan pengawasan di pintu masuk.

“Untuk pengawasan di pintu masuk seperti di bandara, pelabuhan kami bekerjasama dengan KKP. Mereka memang tidak melakukan pemeriksaan secara satu persatu melainkan pengawasan secara menyeluruh,” lanjutnya.

Menurut dirinya, dengan adanya upaya pencegahan secara mandiri oleh masyarakat dan yang dilakukan pemerintah daerah diharapkan kasus cacar monyet tidak menyebar di daerahnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close