BeritaEkonomiRegionalUMKM

BI Tegal Berdayakan Keluarga Petani Kopi di Batang

BIMATA.ID, Batang – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Jawa Tengah (BI Jateng), memberdayakan keluarga para petani di kawasan Agrowisata Kopi Kabupaten Batang dengan memberikan pelatihan pembuatan produk olahan pangan dengan bahan baku kopi.

Kepala Unit Pelaksana Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif, dan Syariah KPw BI Tegal, Liana Ciptowati mengatakan, pihaknya terus memberikan kontribusi dalam meningkatkan peran perekonomian usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Selama ini, UMKM memiliki peranan penting dan strategis dalam struktur perekonomian Indonesia, karena mampu memberikan sumbangan besar terhadap produk domestik bruto sebesar 61,1 persen, 97,1 persen dalam penyerapan tenaga kerja, dan ekspor sebesar 14,4 persen,” ungkap Liana Ciptowati di Batang, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Rukun Bareng Paslon Lain, Prabowo-Gibran Joget dan Saling Tos dengan Anies-Imin

Menurutnya, pengembangan UMKM yang diselaraskan dengan bidang tugas yang sejalan dengan visi, misi, serta program strategis BI.

Sebagai informasi, pada kegiatan tersebut, para peserta diberikan pelatihan membuat produk olahan pangan seperti brownies kukus tepung mocaf dan gluten free chocolate chip cookies.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close