BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegional

Andi Iwan Darmawan Dorong Pemerintah Berperan Aktif dalam Mengurangi Risiko Bencana Alam

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi V DPR RI, yang membidangi urusan pekerjaan umum, perhubungan, dan cuaca, menyerukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memprioritaskan mitigasi dan antisipasi bencana, terutama dalam menghadapi musim penghujan di Indonesia belakangan ini. Kekurangan upaya mitigasi dapat memiliki dampak serius pada berbagai aspek.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, menjelaskan bahwa pohon tumbang menjadi ancaman serius terhadap keamanan dan keselamatan masyarakat baik di jalan maupun di sekitarnya. Ia juga menyoroti potensi ambruknya billboard dan baliho saat hujan disertai angin kencang.

Iwan Aras, yang juga merupakan politisi Fraksi Partai Gerindra, menekankan bahwa pohon tumbang dan robohnya billboard dapat merusak infrastruktur publik seperti jalan, trotoar, dan saluran air. Oleh karena itu, pemeliharaan dan pengawasan yang baik harus menjadi prioritas.

“Jika tidak mendapatkan perhatian serius, kita akan menghadapi risiko yang lebih besar yang dapat mengancam keselamatan masyarakat kita,” tegas Iwan Aras kepada media melalui keterangannya, Rabu (16/11).

Baca Juga : Jadi Ketua Repnas Prabowo Komisaris PT KPI Undur Diri, Ini Alasannya!

Legislator tersebut juga mengajak Pemerintah pusat dan Pemda untuk bekerja sama dalam menghadapi potensi banjir dan longsor yang dapat terjadi selama musim hujan. Ia menegaskan bahwa kesiapan Pemerintah adalah kunci utama dalam mengurangi risiko bencana.

“Bencana alam memang sulit diprediksi, tetapi dampaknya dapat diperkecil dengan mitigasi yang baik. Partisipasi semua pihak terkait sangat diperlukan untuk meminimalkan dampak dari bencana alam,” ujar Iwan Aras.

Ia juga menyarankan agar sosialisasi dan edukasi terkait bencana alam diperluas, terutama di daerah rawan bencana, guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

Iwan Aras menekankan perlunya strategi siaga bencana di Pemda yang berada di wilayah rawan bencana, dengan kerja sama efektif antara berbagai pihak seperti BMKG, BPBD, Basarnas, Kementerian PUPR, Kemensos, TNI/Polri, relawan, dan stakeholder lainnya.

Simak Juga : Prabowo Serukan Penghentian Permusuhan di Gaza: Upaya Gencatan Senjata Terus Dilakukan

Spesifik untuk BMKG, Iwan Aras mengingatkan pentingnya memberikan informasi cuaca terbaru secara terus-menerus. Sementara kepada masyarakat, ia mengimbau agar selalu waspada terhadap potensi bencana.

“Sikap kehati-hatian akan menyelamatkan kita dan keluarga dari bencana. Pantau selalu informasi dari BMKG, dan bersiap atas segala risiko. Mengantisipasi menjadi bagian dari mitigasi bencana yang dapat dilakukan masyarakat,” pungkas Iwan Aras.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close