BeritaEkonomiInternasionalNasionalPolitik

Abdul Fikri Faqih : Pemerintah Perlu Evaluasi Dampak Positif Event Internasional

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi X DPR RI mendorong evaluasi dan peningkatan koordinasi dalam pelaksanaan acara dan lomba internasional di Indonesia, terutama mengingat sejumlah event olahraga internasional yang diadakan di Tanah Air pada tahun 2023, seperti MotoGP Mandalika (13-15 Oktober 2023), Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1/F1H20 (24-26 Februari 2023), dan Kejuaraan Dunia Superbike/Motul FIM Superbike World Championship (3-5 Maret 2023).

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, menyampaikan pentingnya peningkatan koordinasi antara pemerintah dan Kementerian/Lembaga terkait untuk melibatkan aktif pelaku pariwisata dalam berbagai event internasional.

Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional dan daerah. Pernyataan ini disampaikan oleh Faqih dalam Rapat Kerja dengan Kementerian Kemenparekraf/Baparekraf RI di Senayan, Jakarta, pada tanggal 14 November 2023.

Baca Juga : Tegaskan Komitmen RI Bantu Palestina, Prabowo: Ini Kewajiban Moral Kami

Selain itu, Komisi X juga mengimbau Kementerian Kemenparekraf/Baparekraf RI untuk melakukan evaluasi penyelenggaraan event internasional tahun 2023 dari perspektif kepariwisataan, dengan fokus pada keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Ratih Megasari Singkarru, Anggota Komisi X DPR RI, memberikan pengamatan terkait event MotoGP yang berlangsung pada 13-15 Oktober lalu. Menurutnya, masih terdapat aspek yang perlu diperbaiki, terutama terkait infrastruktur di tribun penonton. Ratih menyoroti kebutuhan peningkatan atap untuk mengatasi keluhan penonton terkait kepanasan.

Simak Juga : TKN Ajak Masyarakat Berkampanye Positif dan Fokus Memenangkan Prabowo-Gibran

Ratih juga menyoroti masalah transportasi selama perhelatan, di mana jumlah penonton yang mencapai seratus dua ribu orang menyebabkan ketidakefisienan shuttle bus dan berujung pada kemacetan.

Dalam konteks ini, dia menekankan bahwa sebagai tuan rumah, Indonesia harus memberikan pengalaman yang maksimal dalam hal kenyamanan bagi para penonton.

Dalam rangka mendukung kesuksesan event internasional mendatang, Komisi X DPR RI berkomitmen untuk terus mengawal dan memberikan rekomendasi guna penyempurnaan penyelenggaraan acara sekaligus meningkatkan manfaat ekonomi dan pariwisata bagi Indonesia.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close