BeritaBisnisEkonomiNasionalPolitikRegionalUMKM

Optimisme Amir Uskara terhadap Pertumbuhan Ekonomi Unggul di Sulawesi Selatan

BIMATA.ID, Gowa – Komisi XI DPR RI telah mengeluarkan dorongan untuk memperkuat sinergi antara Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), Jamkrindo, dan Askrindo dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov), khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel), dalam memberikan perhatian khusus terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan meningkatkan alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Tujuan dari langkah ini adalah untuk memacu pertumbuhan ekonomi Sulsel agar dapat melampaui rata-rata nasional. Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, melalui keterangannya kepada media usai memimpin tim kunjungan kerja reses Komisi XI DPR RI ke Gowa, Provinsi Sulsel, pada Jumat (6/10/2023).

“Kami melihat bahwa alokasi kredit untuk UMKM di Sulsel masih jauh dari optimal, terutama dalam hal KUR mikro yang diberikan oleh perbankan di Sulsel, ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan alokasi kredit nasional lainnya,” ujar Politisi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) ini, dengan kekecewaan dalam suaranya.

Baca Juga : Ganjar Sedikit Naik, Prabowo Tetap Teratas, Cak Imin Tak Mengangkat Anies

“Kami terus mendorong sektor industri untuk memberikan perhatian khusus kepada UMKM yang telah terbukti memiliki peran yang cukup kuat dalam pertumbuhan ekonomi, dan tentu saja akan berdampak signifikan,” tambah Legislator Dapil Sulsel I ini, dengan tekad yang kuat.

Namun demikian, ia tetap optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Sulsel dapat melampaui rata-rata nasional seperti yang telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, bahkan mungkin bisa mencapai 200 basis poin di atas rata-rata nasional. “Kami berharap hal ini dapat terwujud dalam waktu dekat,” tegasnya.

Simak Juga : Survei LSN: 4 Bulan Jelang Pilpres, Prabowo Unggul Telak 12,3% Atas Ganjar Head to Head

Dalam kunjungan kerja reses Komisi XI DPR RI ke Provinsi Sulsel, turut hadir Anggota Komisi XI DPR RI seperti Marinus Gea (Fraksi PDI-Perjuangan), Kamrussamad (Fraksi Partai Gerindra), Bahtera (Fraksi Partai Gerindra), dan Hidayatullah (Fraksi PKS).

Tak ketinggalan juga Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta, Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Karana, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, LKM, dan LJK OJK Agusman, Kepala OJK Regional 6 Sulawesi-Maluku-Papua Darwisman, serta Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih, yang turut serta dalam kunjungan tersebut.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close