BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Mayoritas Warga NU Labuhkan Dukungan Kepada Prabowo

BIMATA.ID, Jakarta- Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subainto terus mendapatkan berbagai macam limpahan dukungan dari berbagai macam lapisan masyarakat. Dari berbagai lembaga survei yang telah merilis data terbarunya, dukungan warga Nahdlatul Ulama (NU) kepada Prabowo terus menunjukkan sinyal penguatan.

Berdasarkan kepada hasil survei yang telah dirilis Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) periode 25 – 29 September 2023, terbukti dalam skema head to head melawan Capres PDIP Ganjar Pranowo, Prabowo lebih banyak mendapatkan dukungan dari warga NU. Di dalam hasil survei UMM itu juga, jika Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan tidak lolos ke putaran berikutnya maka besar kemungkinan dukungannya akan beralih ke Prabowo.

BACA JUGA: Gibran Jadi Cawapres Prabowo, PDI-P Bisa Evaluasi Jokowi dan Tarik Para Menteri

Di dalam hasil survei UMM menunjukkan setidaknya ada 52,0 persen dukungan dari kalangan NU kepada Prabowo. Angka itu jauh lebih besar bila dibandingkan yang didapat oleh Ganjar yang hanya mendapatkan dukungan sebanyak 46,6 persen.

“Elektabilitas Prabowo itu akan terbantu dengan suara dukungan dari pendukung Anies yang diprediksi tidak lolos ke putaran kedua. Suara – suara dukungan nahdliyin itu akan beralih ke Prabowo,” kata Peneliti Pusat Studi Ilmu Politik UMM, Ruli Inayah Ramadhoan, ketika dihubungi, Minggu (22/10).

Di sisi lain, dukungan dari kelompok Muhammadiyah cenderung sama kuat di antara Prabowo dan Ganjar. Prabowo dan Ganjar sama – sama mendapatkan dukungan sebesar 46,9 persen.

BACA JUGA: Gibran Jadi Cawapres Prabowo, PDI-P Bisa Evaluasi Jokowi dan Tarik Para Menteri

Namun, di sisi lain, Prabowo lebih banyak mendapatkan dukungan dari para santri maupun non santri yang terafiliasi NU sekaligus Muhammadiyah. Prabowo mendapatkan dukungan tertinggi dari klaster santri dengan total dukungan mencapai 52,2 persen, sementara dari non santri sebesar 50,6 persen.

Secara keseluruhan, jika di putaran kedua, berhadap – hadapan dengan Ganjar, maka hampir bisa dipastikan, Prabowo akan meraih kemenangan di Pilpres 2024 mendatang. Prabowo mendapatkan dukungan tertinggi dengan 50,7 persen, sedangkan Ganjar hanya mendapatkan dukungan sebanyak 47,4 persen.

BACA JUGA: Momen Prabowo Sapa Pekerja Proyek Usai Jalani Tes Kesehatan

“Prabowo Subianto unggul 50,7 persen, jika head to head dengan Ganjar Pranowo 47,4 persen,” ujar Ruli.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close