BeritaRegional

Khofifah Minta Masyarakat Jaga Ketahanan Pangan Dengan Pemanfaatan Lahan

BIMATA.ID, Jatim – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat di wilayahnya dapat menjaga ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan yang ada harus dilakukan secara komprehensif serta dibangun oleh semua lini secara efektif dan efisien.

“Salah satu contohnya sayur-sayuran bisa dioptimalkan di lahan terbatas dengan menggunakan polybag hingga hydroponic. Mari manfaatkan lahan di lingkungan terkecil yang kita miliki,” kata Khofifah, dikutip dari antaranews, Rabu (04/10/2023).

Baca Juga : Prabowo Terima Kunjungan Kepala Kepolisian Palestina

Selain itu, Gubernur Khofifah juga mengingatkan, saat ini dunia sedang menghadapi krisis pangan, energi dan keuangan, untuk itu, sejumlah upaya mitigasi akan terus disiapkan.

“Seperti saat musim kemarau, banyak area persawahan yang membutuhkan irigasi, sehingga meminta setiap daerah membuat sumur pompa,” tuturnya.

Khofifah menyalurkan secara langsung berbagai bantuan, tali asih, dan zakat produktif kepada para penerima manfaat (PM) di Tuban yang merupakan titik ke-14.

Bantuan tersebut, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), Perlindungan Lanjut Usia (Plus) kepada 2.333 penerima manfaat (PM) yang disalurkan secara simbolis kepada 20 PM.

Kemudian, bansos Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) kepada 34 PM penyandang disabilitas, bantuan alat bantu mobilitas disabilitas sebanyak 37 unit, dan bansos Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) kepada 60 PM.

Ada pula, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk buruh pabrik rokok lintas wilayah Jatim asal Tuban kepada 26 PM, yang sebelumnya telah diserahkan juga di Surabaya kepada 797 PM.

Simak Juga : 6 Program Unggulan Relawan Prabowo-Budiman Sudjatmiko

Selain itu, diserahkan pula tali asih kepada 20 orang personel Taruna Siaga Bencana (Tagana), 20 orang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan bantuan transportasi kepada 30 Pendamping PKH.

Khofifah menerangkan, bansos tersebut disalurkan melalui cash transfer dengan difasilitasi Bank Jatim dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan bantuan yang telah diberikan Pemprov Jatim kepada penerima manfaat.

“Kita semua berdoa Panjenengan (Anda) rezekinya berkah. Dan Allah memberikan kesejahteraan di dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close