BeritaNasionalPolitikPropertiRegional

Kawasan Kota Lama Banyumas Siap Menyambut Transformasi Menuju Ruang Budaya, Kreatif, dan Wisata

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya sedang melaksanakan proyek revitalisasi Kawasan Kota Lama Banyumas, yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tujuan utama dari proyek ini adalah menjaga kelestarian bangunan bersejarah yang berada di Kawasan Kota Lama Banyumas, sekaligus meningkatkan potensi pariwisata warisan budaya di Kabupaten Banyumas.

“Konsep revitalisasi kawasan ini disusun dengan mempertimbangkan peran kota sebagai destinasi wisata yang mengutamakan harmoni lingkungan dan melestarikan tradisi lokal, dari perencanaan hingga pelaksanaan, dengan melibatkan pemerintah daerah.” ungkap Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono kepada media, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga : Gus Ipang Wahid Beri Pesan Menyentuh untuk HUT Prabowo: Si Paling Gampang Tersentuh

Kota Lama Banyumas memiliki nilai sejarah yang tinggi, oleh karena itu, revitalisasi akan tetap mengedepankan keunikan dan signifikansi Kota Banyumas sebagai kota berbudaya. Visi dari proyek ini adalah “Mengembangkan Kawasan Kota Lama Banyumas sebagai Ruang Budaya, Ruang Kreatif, dan Ruang Wisata yang berakar pada budaya lokal Banyumas.”

Proyek revitalisasi ini akan dilakukan oleh Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, dan akan mencakup tiga segmen utama: Segmen I dengan luas 0,66 hektar untuk pembaruan fasilitas permukiman dan memperkuat identitas budaya; Segmen II seluas 0,66 hektar yang akan memfokuskan pada pelestarian Bangunan Cagar Budaya, terutama kompleks kantor kecamatan, sebagai daya tarik wisata budaya, serta peningkatan kualitas ruang terbuka yang mendukung ekspresi budaya.

Dalam kawasan ini, juga akan dibangun ruang kreatif yang akan menjadi tempat bagi UMKM, komunitas seni dan kreatif, serta kegiatan rekreasi outdoor. Segmen III, dengan luas 2,5 hektar, akan diperbaharui untuk meningkatkan kualitas Ruang Alun-Alun Kabupaten Banyumas dengan tujuan mempertegas karakter dan nilai sejarah serta budaya Kawasan Kota Lama Banyumas dan menyesuaikan fungsi ruang terbuka hijau publik.

Simak Juga : Muzani : Pupuk Subsidi Murah Jadi Prioritas Kerja Prabowo Untuk Sejahterakan Petani di Jawa Tengah

Proyek revitalisasi Kota Lama Banyumas telah dimulai pada Juli 2023 dan dijadwalkan akan selesai pada Desember 2023. Pendanaan proyek ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2023.

Diharapkan bahwa melalui proyek ini, Kawasan Kota Lama Banyumas akan bertransformasi menjadi ruang budaya, ruang kreatif, dan ruang wisata, yang akan menjadikannya destinasi wisata warisan budaya yang lebih berkesan, serta meningkatkan citra perjalanan sejarah yang menjadi bagian integral dari identitas kota ini.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close