BeritaNasional

Kasal TNI AL Serahkan 173 Kendaraan Dinas Untuk Komandan KRI

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali menyerahkan 173 kendaraan dinas baru untuk komandan KRI, komandan batalyon Marinir, komandan skuadron penerbangan, serta 100 sepeda motor untuk bintara pembina potensi maritim dan polisi militer.

Di luar kendaraan hasil pengadaan TNI AL itu, Kepala Staf TNI AL (Kasal) juga menyerahkan 22 unit mobil hasil hibah dari Kementerian Pertahanan RI dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Laksamana Ali saat jumpa pers selepas acara penyerahan di Markas Besar TNI AL Cilangkap, Jakarta, Jumat, menjelaskan pengadaan kendaraan dinas terakhir kali digelar pada 2007 atau sekitar 15 tahun lalu sehingga banyak mobil-mobil dinas butuh peremajaan.

“Daur hidup kendaraan itu 5 tahun harus overhaul, makanya kami ganti dengan mobil kendaraan yang baru. Kendaraan mobil dinas ini juga mendukung program pemerintah dalam memperbaiki emisi karbon, karena mobil-mobil baru ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil-mobil lama. Itu harapannya,” kata Laksamana Ali, dikutip dari antaranews, Jumat (06/10/2023).

Baca Juga : Prabowo Subianto Minta TNI Netral di Pemilu 2024

Dirinya menerangkan, kendaraan dinas baru juga memperkuat kesigapan para komandan dalam menjalankan tugas.

“Ini salah satu bentuk kesigapan untuk para komandan dalam mobilitas di lapangan, juga (untuk) kesejahteraan bagi prajurit,” terangnya.

Sementara itu, untuk kendaraan-kendaraan dinas lama, Laksamana Ali menyampaikan mobil dan motor lama akan terus dirawat dan digunakan oleh jajaran dan satuan di bawahnya.

Dalam acara penyerahan di Mabes TNI AL (Mabesal), Jumat, sebanyak 53 komandan batalyon Marinir mendapatkan mobil merek Mitsubishi Strada Triton, sementara 118 komandan KRI dan komandan skuadron penerbang menerima mobil Toyota Rush, 2 komandan KRI kelas jabatan 12 mendapatkan mobil Mitsubishi Xpander.

Simak Juga : Muzani : Sikap Tulus dan Komitmen Pak Prabowo yang Memimpin Dengan Semangat Persatuan Membuat Dukungan Terhadapnya Terus Mengalir

Untuk sepeda motor, TNI AL menyerahkan enam unit motor kawal BMW Grand America 1.600 cc dan 17 unit motor kawal Yamaha FJR 1.300 cc untuk polisi militer TNI AL. 

Kemudian, 77 unit sepeda motor trail Honda CRF, yang merupakan hibah dari Kementerian Pertahanan RI, diserahkan kepada bintara pembina potensi maritim TNI AL.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close