BeritaNasionalPolitik

Jelang Pemilu 2024, DK PWI Ingatkan Wartawan Jaga Independensi Selama Pemilu 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) Pusat mengingatkan agar wartawan, khususnya anggota PWI agar benar-benar menjaga netralitas sebagai salah satu wujud independensi dalam menjalankan profesinya.

Ketua DK PWI Pusat, Sasongko Tedjo menyampaikan, dengan semakin dekatnya jadwal Pemilihan Umum 2024, termasuk pemilihan Presiden – Wakil Presiden, pemilihan kepala daerah (pilkada), dan pemilihan anggota legislatif (pileg).

“Independen berarti memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati nurani tanpa campur tangan, paksaan, dan intervensi dari pihak lain, termasuk pemilik perusahaan pers,” kata Sasongko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Baca juga: Ganjar Kalah Head To Head Lawan Prabowo di Survei UMM

Dia mengingatkan Pilpres 2024 kian dekat dan hari ini sudah ada pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden yang telah mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Sebelumnya, pada Rapat perdana DK PWI di Sekretariat PWI Pusat di Gedung Dewan Pers Lantai 4, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (17/10), Sasongko juga telah mengingatkan independensi wartawan adalah bagian penting yang diatur dalam Kode Etik Jurnalistik (KEJ) PWI.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close