BeritaInovasiUMKM

Enam Motif Batik Surabaya Ikut Bersaing di Pasar Dunia IN2MF

BIMATA.ID, Surabaya – Enam motif batik khas Kota Surabaya “go international” atau ikut bersaing di pasar dunia melalui gelaran fashion show skala internasional bertajuk Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF), di Jakarta Convention Center (JCC) pada 25-29 Oktober 2023.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriani mengatakan, pihaknya menggandeng desainer Gita Orlin dan membawa 11 desain yang merupakan enam motif batik Surabaya dalam ajang IN2MF di JCC.

“Ini salah satu upaya kami bagaimana batik Surabaya bisa go international. Karena acara IN2MF ini skalanya bukan lagi nasional atau internasional. Mudah-mudahan melalui acara ini bisa mengangkat produk UMKM khususnya batik menjadi lebih dikenal,” kata Rini, dikutip dari antaranews, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga : Maung 08: Dukungan Untuk Prabowo-Gibran Tak Terbendung Lagi

Rini menerangkan, untuk sesi fashion show atau runway, akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2023.

“Ini bukan pertama kali kami mengikuti runway, tapi sudah ada beberapa yang kami lakukan. Cuma mungkin yang skala nasional dan internasional baru pertama kali ini dilakukan,” terangnya.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik, sehingga kedepannya kami juga bisa mempromosikan di event-event nasional dan internasional untuk batik Kota Surabaya,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa ada sekitar 174 desainer dari lokal maupun internasional yang hadir meramaikan event IN2MF. 

Para desainer itu akan hadir dengan mengangkat produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masing-masing daerah.

“Ada enam motif batik khas Surabaya yang kami bawa dalam IN2MF,” kata Rini yang juga menjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya tersebut.

Rini menyebut, enam motif batik khas Surabaya yang diikutsertakan dalam IN2MF, yakni Remo Suroboyoan, Sparkling, Batik Abhi Boyo, Gembili Wonokromo, Kembang Bungur, dan Kintir-kintiran.

Simak Juga : Jajaran Ketum Partai KIM Dampingi Prabowo-Gibran ke KPU Naik Maung

Dirinya berharap, melalui event ini, produk UMKM khususnya batik Surabaya bisa semakin naik kelas.

“Mohon doanya agar nanti event ini bisa berjalan dengan lancar dan tentunya bagaimana batik khas Surabaya bisa dikenal di kancah nasional maupun internasional,” harapnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close