BeritaKesehatanRegional

Dinkes Kupang Bagikan 250 Telur Nyamuk Wolbachia ke Warga Kupang

BIMATA.ID, Kupang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang bakal membagikan 250 telur nyamuk jenis Wolbachia kepada warga di Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Dinkes Kota Kupang, Retnowati menyampaikan, bahwa tujuannya untuk menurunkan angka kasus demam berdarah dengue (DBD).

“Nantinya setiap warga akan dibagikan 50 telur nyamuk Wolbachia dengan uji coba di Kecamatan Oebobo karena angka kesakitannya paling tinggi dan kepadatan penduduknya paling banyak,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Retnowati saat dihubungi detikBali, Kamis (19/10/2023).

Baca juga: AMPI Dukung Erick Sebagai Bacawapres Prabowo

Menurutnya, pembagian nyamuk, itu merupakan program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menurunkan angka DBD di Kota Kupang.

Selain itu, metode itu dilakukan untuk membuat nyamuk DBD menjadi mandul, dan tidak dapat berkembangbiak setelah kawin dengan nyamuk Wolbachia.

“Apabila nyamuk DBD menggigit orang, maka virus dengue akan mati. Kemudian menggigit orang lain lagi maka sudah tidak ada virus dengue lagi. Karena nyamuk wolbachia jantan kawin dengan nyamuk lokal maka nyamuk lokal akan mati,” jelasnya.

Lihat juga: Jelang Pilpres 2024 Basis Lama Kembali, Elektabilitas Prabowo Makin Solid

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close