BeritaNasionalPolitikRegionalUmum

Bawaslu Ajak Masyarakat Berperan sebagai Mitra dalam Pengawasan Pemilu

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Bawaslu, Herwyn Jefler H Malonda, menyoroti pentingnya keterlibatan aktif masyarakat sebagai mitra dalam upaya mencegah serta menanggulangi pelanggaran pemilu. Menurutnya, peran masyarakat memiliki dampak strategis, sebab tanpa kontribusi mereka, Bawaslu akan menghadapi kendala dalam mengawasi jalannya pemilu.

Hal ini disampaikan Herwyn usai kegiatan acara ‘Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2024’ yang digelar di Bawaslu Jakarta Utara pada beberapa waktu lalu.

“Dalam rangka itu, kami (Bawaslu) mengharapkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Ini merupakan hal yang sangat krusial,” ungkap Herwyn dalam keterangannya kepada media, Senin (30/10).

Baca Juga : Prabowo Beberkan Makan Siang yang Disantap bareng Jokowi dan Bacapres Lainnya, Soto plus Lontong

Herwyn menegaskan pentingnya kewaspadaan masyarakat dalam kasus seperti pemutakhiran data pemilih yang menciptakan masalah, seperti pemilih yang terdaftar di Kota A, meskipun sebenarnya mereka tinggal dan bekerja di tempat lain.

“Kasus semacam ini juga memerlukan keterlibatan aktif masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Herwyn mendorong masyarakat untuk tidak hanya memberikan suara mereka di tempat pemungutan suara (TPS), tetapi juga untuk mengawasi seluruh proses pemungutan suara.

Simak Juga : Di Blora, Ketum Tani Merdeka Don Muzakir: Prabowo-Gibran Perjuangkan Petani

Itulah sebabnya, menurut Herwyn, ia sering berkomunikasi dengan masyarakat, dengan tujuan untuk bersama-sama dengan Bawaslu mencari solusi guna mencegah dan mengantisipasi potensi pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close