BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegionalUmum

Survei SRS: Dukungan Pemilih PKB Cenderung ke Prabowo, Capai 38,4% Ungguli Ganjar dan Anies

BIMATA.ID, Jatim — Survei SRS (Surabaya Research Syndicate) menganalisa arah dukungan pemilih PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) di Jawa Timur. Hasilnya, cukup mencengangkan lantaran sebanyak 38,4% pemilih PKB di Jawa Timur lebih condong memilih Prabowo sebagai Calon Presiden.

Hal itu dipaparkan oleh Edwin Abdul salah satu Peneliti SRS dalam rilis survei teranyarkan berkenaan dengan Arah Dukungan Warga NU dan Pemilih PKB di Jawa Timur Terhadap Bacapres Tiga Besar Pasca Deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin, melalui Virtual Zoom, Jumat (15/9).

BACA JUGA: Survei SRS: Elektabilitas Simulasi 3 Capres, Prabowo Kokoh di Urutan Pertama

“Sebanyak 38,4% pemilih PKB di Jawa Timur mengaku akan memilih bacapres Prabowo. Kemudian sebanyak 34,5% menyatakan dukungannya pada Ganjar Pranowo, sedangkan Anies Baswedan dipilih oleh 18,8% dan yang belum punya pilihan sebesar 8,3%.” ungkap Edwin.

Hasil survei SRS ini menunjukkan bahwa pasca deklarasi pasangan Anies-Cak Imin, konfigurasi dukungan pemilih PKB di Jawa Timur juga tidak mengalami perubahan yang berarti.

BACA JUGA: Head to Head Survei SRS: Ganjar Kalah Lawan Prabowo

Bagian terbesar responden yang mengaku sebagai pemilih PKB ternyata masih memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto.

Selain itu, juga adanya faktor Jokowi Effect yang membuat elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Timur tetap berdiri tegak dengan kokoh.

Prabowo dianggap sebagai bakal calon presiden di mata publik yang paling mendapatkan endorsement dan approval dari Presiden Jokowi sehingga membuat efek para simpatisan dan relawan Jokowi cenderung menjatuhkan pilihannya pada Prabowo.

BACA JUGA: Survei SRS: Ganjar dan Anies Kalah Dari Prabowo di Jawa Timur

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close