BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Sama-sama Latar Belakang Militer, Demokrat Berpeluang Sodorkan AHY Jadi Bacawapres Prabowo

BIMATA.ID, Jakarta- Peluang Partai Demokrat bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih terbuka. Apalagi Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berlatar belakang militer, sama seperti Prabowo Subianto yang diusung sebagai bakal calon presiden (Bacapres) KIM.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, peluang memasangkan Prabowo bersama AHY kemungkinan terjadi apabila melihat dari segi kepangkatan dua tokoh itu.

BACA JUGA: Partai Gelora Ungkap Potensi Kekuatan Suara Prabowo di Jabar

“Bisa saja terjadi karena karir sebelumnya antara Pak Prabowo dan Mas AHY yang jadi ketum dengan latar belakang militer,” ujar Hendri Satrio, Jumat (8/9/2023).

Sosok yang kerap disapa Hensat itu mengatakan, dalam militer ada semacam norma yang dibangun, termasuk ketika sosok yang sudah purna terjun ke dunia politik.

BACA JUGA: Apresiasi Deklarasi Tim Garis Prabowo, Fauzi Baadilla Himbau Relawan Semakin Solid dan Santun Dalam Bergerak

Sehingga, menurutnya, Demokrat bisa saja mengalihkan dukungan kepada Prabowo dan masuk barisan KIM, bukan justru bergabung dengan PDIP yang belakangan santer isunya di publik pasca keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

 

“Mas AHY kan (pangkat terakhirnya di militer) Mayor, dan Pak Prabowo Jenderal. Itu mungkin ada ewuh pakewuh tersendiri yang kita enggak tahu,” demikian pendiri Lembaga Survei Kedai KOPI itu menambahkan.

BACA JUGA: Inilah Arti Nama Prabowo Subianto Dalam Primbon Jawa

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close