BeritaPeristiwaRegional

Presiden Resmikan Pabrik Katalis Merah Putih, Guna Dukung Hilirisasi Kurangi Impor

BIMATA.CIKAMPEK – Pabrik Katalis Merah Putih karya anak bangsa, yang terletak di Kawasan Industri Kujang Cikampek, Jawa Barat (Jabar), yang menjadi salah satu proyek yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Produksi perdana pabrik ini dilakukan bertepatan dengan acara Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jakarta.

Presiden mengapresiasi kepada Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), dan seluruh stakeholder terkait yang telah berhasil menyelesaikan banyak proyek strategis nasional selama delapan tahun terakhir.

Baca juga: Dekat dengan Keluarga Gus Dur, Elektabilitas Prabowo Bisa Naik

“Proyek Strategis Nasional ini tujuannya memberikan manfaat untuk masyarakat. Dalam delapan tahun terakhir PSN yang besar-besar telah diselesaikan 161 PSN dan menyerap tenaga kerja 11 juta orang, dan yang paling penting ini mendongkrak daya saing kita, competitiveness kita menjadi naik,” ungkap Presiden Jokowi, Kamis (14/09/2023).

Diketahui, Pabrik katalis pertama karya anak bangsa ini merupakan salah satu komitmen Pupuk Indonesia dalam program hilirisasi produk sekaligus mendukung kemajuan industri kimia nasional dalam mengurangi ketergantungan akan katalis impor.

Sekedar informasi, Pabrik Katalis Merah Putih ini didesain memiliki kapasitas produksi sebesar 800 ton per tahun. Serta, proses pembangunannya telah berlangsung selama 13 bulan dengan total investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 286 Miliar.

Lihat juga: Muzani: Saat Prabowo Menjadi Presiden, Maka Itu Akan Digunakan Untuk Membela Kepentingan Rakyat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close