BeritaPeristiwaRegional

Pemkab Batang Optimalkan Program Pelatihan dan Sertifikasi Lulusan Sarjana

BIMATA.ID, BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah (Jateng), telah siap mengoptimalkan program pelatihan dan sertifikasi bagi para lulusan sarjana seiring dengan akan beroperasi beberapa perusahaan di Kawasan Industri Terpadu Batang pada 2024.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Batang, Rahmat Nurul Fadilah mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendorong instansi terkait, dan perusahaan ikut mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada jenjang diploma hingga sarjana guna menghadapi peluang bekerja di Kawasan Industri Terpadu Batang.

“Kami ingin mereka dapat ikut bersaing (bekerja) di sektor industri yang kini sedang tumbuh subur di daerah setempat. Kita jangan sampai menjadi penonton saja namun harus bisa bersaing dalam bekerja di perusahaan itu,” kata Rahmat Nurul Fadilah di Batang, Senin (18/09/2023).

Baca juga: LSI: Demokrat Bisa Beri Efek Elektoral Bagi Prabowo

Menurutnya, selama ini penyiapan tenaga kerja di daerah hanya berfokus pada lulusan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) saja.

Namun, lulusan diploma, dan sarjana juga layak mendapat perhatian atau porsi yang sama dengan perlu dibukanya pelatihan, hingga sertifikasi tenaga kerja bagi jenjang D3 maupun S1.

“Jika hanya fokus pada lulusan SLTA dan SMK, penempatan tenaga kerja di sektor industri hanya akan berada di level rendah. Oleh karena itu, kita juga perlu mempersiapkan tenaga kerja dari lulusan sarjana agar mendapat posisi atau jabatan menengah ke atas,” jelasnya.

Lihat juga: SMRC: Prabowo Tetap Didukung Warga Jabar Apapun Parpol Pendukungnya

Maka dari itu, pihaknya berkeinginan khususnya lulusan sarjana dari daerah sendiri dapat memiliki kesempatan menempati jabatan yang lebih baik.

“Kami tidak ingin lulusan D3 hingga sarjana terabaikan dan kesempatan itu justru diperoleh daerah lain. Oleh karena itu, kami akan membuka pelatihan khusus bagi lulusan diploma hingga sarjana,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada saat ini sudah ada 2 kawasan industri berskala besar yaitu, Kawasan Industri Terpadu Batang yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional dan Kawasan Industri Batang Industrial Park yang nantinya diproyeksikan akan melakukan penyerapan tenaga kerja hingga puluhan ribu orang.

Simak juga: Suasana Kompak, Gembira, dan Optimistis saat Prabowo serta Ketum Koalisi Indonesia Maju Sambut Kehadiran SBY

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close