BeritaInternasional

PBB Puji RI Berhasil Meredam Konflik di Myanmar

BIMATA.ID, Jakarta – Secretary-General of the United States (Sekjen PBB), Antonio Guterres, memuji langkah yang ditempuh oleh Indonesia dalam meredam konflik yang terjadi di Myanmar. 

Hal tersebut disampaikan saat konferensi pers di rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (07/09/2023). 

“Saya juga sangat menghargai Indonesia sebagai ketua dari ASEAN untuk melibatkan semua pihak dari konflik dialog politik,” kata Antonio, dikutip dari tvonenews, Kamis (07/09/2023).

Baca Juga : Ramai Terpampang Baliho Prabowo Gibran Bertuliskan Lintas Generasi di Jateng

Kemudian, Antonio pun memberi ultimatum kepada pemerintah Myanmar agar tidak keras kepala dan mendengar aspirasi dari masyarakat.

“Saya tegaskan kembali secara umum kepada otoritas militer di Myanmar untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat,” kata dia. “Myanmar bebaskan semua tahanan politik dan buka pintu untuk kembali ke pemerintahan demokratis,” tungkapnya.

Tidak hanya Indonesia, menurut Antonio, negara-negara yang tergabung di dalam forum ASEAN juga sudah berupaya keras membantu konflik yang terjadi di Myanmar.

“PBB mendukung penuh konsensus lima poin ASEAN, dan kami mendukung penuh inisiatif dari kepresidenan ASEAN,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close