BeritaHukumNasionalPolitik

Inosentius Samsul : Satu Data Meniscayakan Integrasi Antar-Lembaga

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Badan Keahlian (BK) DPR RI Inosentius Samsul menghadiri Seminar Nasional (Semnas) yang digelar oleh Pusat Perancangan Undang-Undang (PUU) BK DPR RI bertema ‘Arah Pengaturan Satu Data Indonesia Dalam Undang-Undang’ di Jakarta.

Dalam kegiatan Semnas tersebut Inosentius Samsul menekankan satu data meniscayakan adanya integrasi antar-lembaga yang menjadi ‘produsen’ dari data itu sendiri. Karena ia melihat sejauh ini upaya tersebut belum optimal karena masih adanya ego sektoral.

“Jadi produsen data itu enggan untuk menyerahkan data itu, masih dipegang sendiri sendiri,” kata Samsul, dikutip dari website resmi DPR RI, Jumat (29/09).

Baca Juga : Momen Akrab Prabowo dan Kaesang di Perayaan HUT Luhut: Kapan ke Hambalang?

Sensi menilai, jika undang-undang terkait satu data itu hadir, dirinya berharap ego sektoral dapat ditekan keberadaannya. Menurutnya, kebijakan seperti itulah yang diharapkan oleh Badan Keahlian DPR RI dalam mengkaji satu data dalam seminar ini.

“Kalau di dalam penjelasan teknis tadi semua produsen data itu harus bisa berkontribusi dan membagi pakai data yang mereka miliki sebagai bahan untuk pengambilan keputusan atau kalau secara teknis karena mereka dari Bappenas dalam rangka penyusunan perencanaan dan kegiatan,” jelasnya.

Simak Juga : Prabowo Silaturahmi dengan Ulama NU Jatim di Surabaya

Karena itu, dengan hadirnya Semnas ini, BK DPR RI dapat menampung pemikiran akademisi dan praktisi untuk memperkaya substansi, baik di naskah akademik maupun RUU yang sedang digarap oleh Badan Keahlian. Maka dari itu, kehadiran forum ini menjadi sangat penting untuk mengakselerasi proses pengusulan RUU satu data. “Dengan masukkan hari ini itu (RUU satu data) bisa diperkaya lagi. Kan ini konsultasi publik,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close