BeritaKesehatanRegional

Guna Hindari Polusi, Wamenkes Anjurkan ini Saat Aktivitas!

BIMATA.ID, Jakarta – Kualitas udara di Jakarta terus memburuk akibat polusi menjadi perbincangan publik. Pasalnya rata-rata tingkat PM2.5 telah melebihi pedoman World Health Organization (WHO) yaitu sekitar 7 kali lipat. PM2.5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari atau sama dengan 2.5 mikrometer.

Dijelaskan, partikel PM2.5 yang termasuk debu, jelaga, kotoran, asap, dan tetesan cair hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron ini membuat warga terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Menanggapi hal itu, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Wamenkes RI), Dante Saksono Harbuwono memberikan anjuran bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, seperti berolahraga, dan sebagainya.

Baca juga: Pesan Untuk Relawan PTMI 08, Fauzy Baadilla: Kita Sampaikan Kebaikan Pak Prabowo

“Mesin ini kita sebar di wilayah Jabodetabek, bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kemudian mesin tersebut akan memberikan kepada masyarakat identifikasi melalui aplikasi real time langsung yang dihubungkan nanti dengan aplikasi SATUSEHAT di masyarakat,” kata dia dalam Sustainable Future, CNBC Indonesia Senin, (25/09/2023).

Diketahui, SATUSEHAT merupakan aplikasi kesehatan masyarakat dengan berbagai fitur dan layanan kesehatan memiliki data yang bersumber, dan terintegrasi dengan Platform.

Pada saat ini, fitur pemantauan kualitas udara di aplikasi SATUSEHAT masih dalam pengembangan.

Lihat juga: Pengamat Sebut Merapatnya Kaesang ke PSI Perkuat Bukti Dukungan Jokowi ke Prabowo

Menurutnya, dengan aplikasi tersebut masyarakat bisa menemukan wilayah-wilayah yang memiliki polusi udara tertinggi dan sebagainya . Sehingga bisa lebih aman dalam melakukan aktivitas.

“Aktivitas di luar tetap diperbolehkan dengan melakukan identifikasi real time dari polusi yang ada di tempat-tempat yang teridentifikasi tersebut. Sehingga masyarakat memilih dimana dia harus memakai masker, di mana dia harus berolahraga, di mana dia memilih untuk tidak berolahraga,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close