BeritaKesehatanPertanianRegional

Cegah PMK, Di Kudus Saat Ini Kejar Vaksinasi yang Menyasar Hewan Ternak Kambing

BIMATA.ID, Kudus – Dinas Pertanian, dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) tengah mengejar vaksinasi penyakit mulut dan kaki (PMK) kepada hewan ternak di daerah setempat pada saat ini yang difokuskan ke hewan ternak jenis kambing.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Arin Nikmah menyampaikan, bahwa Ia menargetkan hingga akhir Desember 2023 yang dapat menyasar ke 4.000 hewan ternak yakni, kerbau, sapi, serta kambing, dan domba.

“Vaksinasinya PMK sebelumnya menyasar hewan ternak besar, seperti sapi, dan kerbau. Sedangkan saat ini mulai fokus menyasar hewan ternak kecil seperti kambing, maupun domba.” ungkap Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Arin Nikmah di Kudus, Jumat, (29/09/2023).

Baca juga: Momen Akrab Prabowo dan Kaesang di Perayaan HUT Luhut: Kapan ke Hambalang?

Diketahui, berdasarkan data Sistem Informasi Kesehatan Hewan Indonesia (SIKHI) pada bulan September 2023 jumlah yang telah diperkirakan mencapai 800 ekor, serta 200 ekor diantaranya merupakan hewan ternak kambing yang telah divaksin.

Menurutnya, saat ini mulai fokus genjot vaksinasi kambing maupun domba. Karena, sebelumnya juga pernah ada kasus PMK yang menyerang kambing, sehingga setelah dilakukannya pengobatan, hewan tersebut dapat disembuhkan.

Untuk diketahui, jumlah populasi ternak di sapi di Kabupaten Kudus sendiri mencapai 8.814 ekor, dan kerbau sekitar di 2.128. Sedangkan untuk hewan ternak seperti kambing, dan domba mencapai 30.080 ekor.

Lihat juga: Prabowo Hadiri HUT ke-76 Luhut Binsar Pandjaitan, Kenang Masa-Masa Prajurit

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close