BeritaHukumNasional

Bentuk Komitmen Pemerintah Tuntaskan Sengkarut Jiwasraya

BIMATA.ID, JAKARTA – Kasus PT Asuransi Jiwasraya yang terjadi beberapa tahun lalu sangat menyita perhatian publik. Bagaimana tidak, perusahaan asuransi jiwa tertua di Indonesia itu tercatat mengalami gagal bayar terhadap para nasabahnya.

Diketahui, pemerintah pun melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengambil langkah cepat dan berkomitmen menyelesaikan kasus ini. Adapun komitmen pemerintah tersebut dibuktikan dengan dibentuknya Indonesia Financial Group (IFG).

Direktur Utama IFG, Hexana Tri Sasongko mengungkapkan, bahwa IFG yang merupakan holding perasuransian dan penjaminan dibentuk sebagai bagian dari transformasi BUMN untuk meningkatkan kinerja industri asuransi milik BUMN.

Baca juga: Nostalgia di Golkar, Prabowo Ajak Nyanyi Mars Golkar

Ia bercerita, pada masa pendirian holding IFG pihaknya dihadapkan pada 2 tantangan, yakni kondisi di industri asuransi dan kondisi internal perusahaan asuransi BUMN.

“Kontribusi asuransi masih rendah. Selain itu kepercayaan masyarakat juga rendah karena pada saat bersamaan terjadi masalah di industri asuransi. Kita tahu ada gagal bayar Jiwasraya.” ujar Hexana dalam BUMN Performance Report 2023, Jumat, (01/09/2023).

Selain itu, dalam skema restrukturisasi tersebut, IFG Life memerlukan permodalan sebab portofolio yang ditransfer Jiwasraya bersifat insolvensi atau nilainya lebih tinggi daripada nilai aset.

Lihat juga: Sambangi Golkar Institute, Prabowo: Hormat Saya untuk Golkar, Terima kasih Saya Didukung

Sebagai informasi, sumber penambahan modal itu berasal dari pemerintah dan fundraising yang dilakukan IFG melalui pembagian dividen dari pertumbuhan bisnis.

“Sehingga mekanisme dapat berjalan baik dan kalau kita lihat skema ini bisa berjalan karena kolaborasi sangat baik dari stakeholder, kementerian, dan lembaga. Peran Kementerian BUMN sangat besar, terutama dalam memfasilitasi proses koordinasi antar kementerian dan lembaga. Sehingga semua inisiatif mendapat komitmen dan dapat dijalankan dengan baik,” tegasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close