BeritaHukumNasionalPolitikRegional

Bawaslu Gandeng Polwan Harap Pengamanan Pemilu dan Pemilihan 2024 Lebih Humanis

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Bawaslu Herwyn Jefler H Malonda berharap dengan adanya sinergi dengan Polri khususnya Polisi Wanita (Polwan) pengamanan Pemilu dan Pemilihan 2024 dapat menjadi lebih humanis. Menurutnya, pendekatan humanis dapat menjadi mitigasi sistem untuk mencegah potensi-potensi terjadinya pelanggaran.

“Ketika bertugas para Polwan ini punya kelebihan tersendiri dibanding polisi laki-laki, karena saat bertugas Polwan tidak bisa meninggalkan sisi kewanitaan mereka. Sebagai perempuan, Polwan dapat menjadi pengayom yang baik bagi masyarakat,” kata Herwyn Jefler H Malonda kepada media secara langsung, pada Selasa (26/9/2023).

Baca Juga : Ketua Demokrat Riau: Foto Prabowo Segera Terpasang pada Baliho-baliho Kader Demokrat Riau

Dirinya menilai, bahwa keterlibatan Polri, khususnya Polwan dalam pelaksanaan pemilu diharapkan mampu menciptakan pemilu yang aman, damai dan sejuk. Harapannya, lanjut dia, Pemilu 2024 dapat menghasilkan pemimpin bangsa dan wakil rakyat yang terbaik sesuai dengan pilihan rakyat Indonesia.

“Kalau kita bisa selesaikan di awal dengan senyumnya Polwan semua masalah bisa selesai. Polwan yang lebih tahu soal wanita, mereka juga yang lebih tahu kadang soal anak-anak, sehingga mereka selalu berada di garis depan yang mungkin tidak bisa dikerjakan dengan baik oleh polisi laki-laki,” ujarnya.

Simak Juga : Ngaku Tak Kaget Dicalonkan Jadi Cawapres Prabowo, Budiman Sudjatmiko: 2011 Pernah Ditawari

Dia pun menjelaskan, Polri atau Polwan merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan, ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

“Polri memiliki peran yang krusial dalam menjaga setiap tahapan penyelenggaraan pemilu agar aman dan kondusif, maka dari itu polri harus bersikap netral,” ujarnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close