BeritaNasionalPolitikRegional

Bawaslu Ajak Mahasiswa Jadi Pengawas TPS Dalam Pemilu 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Bawaslu Puadi mengajak mahasiswa untuk terlibat menjadi penyelenggara pemilu. Sebab, mahasiswa mempunyai jiwa muda energik, yang dapat membantu Bawaslu mengawasi tahapan demi tahapan. Seperti menjadi pengawas TPS pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Puadi dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024 di Bawaslu Kota Jakarta Selatan, pada beberapa waktu lalu.

“Ayo jadi penyelenggara, banyak informasi dan ilmu yang didapatkan. Harus banyak pengalaman selama di bangku kuliah,” kata Puadi, dikutip dari website resmi Bawaslu RI, Selasa (12/09/2023).

Baca Juga : Dedi Mulyadi: Prabowo Pemimpin Masa Depan, Dia Punya Banyak Pengalaman

Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta periode 2018-2022 ini menilai, mahasiswa adalah agen perubahan, sehingga perannya cukup besar dalam proses demokrasi Indonesia. Maka, ia meminta agar mahasiswa dapat peka terhadap tahapan yang berlangsung dan sejumlah persoalan di masyarakat.

“Sekarang tahapan sudah berjalan, kampanye sudah depan mata. Saya harap mahasiswa ikut andil mengawasi bersama Bawaslu, sosialisasi ini bagian pencegahan untuk meminimalisir kejadian pelanggaran yang mungkin bisa terjadi,” terangnya.

Simak Juga : Sudah Luluh Dengan Prabowo, Ade Armando: Musuh Saya Sudah Ganti

Dalam kesempatan ini pun, Puadi meminta untuk mahasiswa untuk lebih memperluas pengetahuannya lewat Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu. Sehingga, ketika ingin menyuarakan pendapat dan saran untuk Pemilu 2024 punya landasan yang tepat.

“Kalau adik-adik mau tahapan pemilu, sederhana download PKPU nomor 3 tahun 2022, dan tupoksi Bawaslu bisa dilihat di Perbawaslu. Semua ada bisa digunakan sebagai bahan referensi untuk belajar,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close