BeritaRegional

Stafsus Presiden Pastikan Pembangunan Pura di IKN

BIMATA.ID, Kaltim – Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana memastikan pembangunan pura umat Hindu pada kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

“Saya mengapresiasi upaya Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama dan PHDI Pusat beserta ormas-ormas Hindu untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara, khususnya rencana pemerintah terkait pembangunan rumah ibadah setiap agama di kawasan IKN,” kata Ari, dikutip dari antaranews, Senin (07/08/2023).

Baca Juga : Relawan Jokowi Se-Jawa Timur Dukung Prabowo di 2024

Pada 6 Agustus 2023, Ari menghadiri acara ritual Matur Piuning dan Nuasen yang dilanjutkan dengan penanaman pohon di lokasi pembangunan pura tersebut.

Ritual itu menunjukkan dukungan umat Hindu terhadap pembangunan IKN yang juga dilengkapi dengan kompleks rumah ibadah dari masing-masing agama di IKN Nusantara.

Ritual Matur Piuning dan Nuasen merupakan langkah awal dalam sebuah proses pembangunan Pura. 

Tujuannya kegiatan itu untuk memohon ijin kepada Ida Sang Hyang Widhi dan berdoa semoga niat tulus dan usaha umat dalam membangun pura berjalan lancar.  

Ketua Umum Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wisnu Bawa Tenaya menjelaskan, pembangunan pura harus berlandaskan konsep Tri Hita Karana.

Hal itu sejalan dengan harapan pemerintah yang sudah merencanakan bahwa pembangunan IKN harus mempertimbangkan keseimbangan ekosistem.

“Kami bersyukur dan berbakti kepada Hyang Widhi, saling menghormati dengan sesama, dan berharmoni dengan alam. Itu adalah kebijaksanaan agung yang diajarkan agama kami (Hindu),” pungkas Wisnu.

Simak Juga : Partai Aceh Kembali Akan Dukung Prabowo Presiden 2024

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close