BeritaRegional

Presiden Jokowi Berkunjung ke Pekalongan, Agenda Pembukaan Muktamar Sufi International 2023

BIMATA.ID, Pekalongan – Presiden Republik Indonesia (Presiden RI) Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menuju ke Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023), dengan agenda membuka Muktamar Sufi Internasional 2023.

Dilansir dari tvonenews, Presiden Jokowi dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandara Cakrabhuwana di Cirebon, Jawa Barat, dengan menggunakan pesawat khusus ATR 72-500. Tiba di Bandara Cakrabhuwana.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, dan Danlanud Sugiri Sukarni Letkol Pnb. Supardo Butarbutar. 

Baca Juga : Jokowi Tiba di Muktamar Sufi 2023 Bareng Prabowo dan Habib Luthfi

Dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, dari Kota Cirebon, Presiden Jokowi akan menuju Kota Pekalongan dengan menggunakan rangkaian kendaraan, dii Kota Pekalongan, Presiden Jokowi akan meresmikan Pembukaan Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 yang digelar di Sahid International Convention Center. 

Muktamar Sufi Internasional yang digelar pada 29 sampai 31 Agustus 2023 akan dihadiri para tokoh ulama dan rektor universitas dari 64 negara.

Kementerian Pertahanan RI, sebagai salah satu panitia, telah diperintah Presiden Jokowi untuk berkoordinasi dengan kementerian-kementerian lain agar acara Muktamar Sufi Internasional dapat berjalan dengan sukses.

Dalam keterangan sebelumnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjelaskan Muktamar Sufi Internasional 2023 mengangkat tema “Karya Sufi Kontemporer dalam Dunia yang Dinamis”, di mana akan membahas empat bidang, yakni pendidikan sufi dan pengaruhnya terhadap penyucian jiwa, ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, industri media dan opini publik, serta peran penting tasawuf dalam membangun manusia dan mengembangkan peradaban Selain pembukaan muktamar, di Pekalongan.

Simak Juga : Prabowo Ungkap Kesan Soal Zulhas dan Airlangga di Kabinet

Presiden Jokowi juga akan mengunjungi Pasar Grogolan dan meninjau sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang pasar dan pedagang kaki lima.  Selanjutnya Presiden Jokowi direncanakan untuk bermalam di Kota Semarang dan melanjutkan kunjungan kerja Rabu (31/8/2023). 

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Kota Cirebon, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close