BeritaNasionalPertanian

PLN Sulap Abu Batu Bara Jadi Pupuk Silika

BIMATA.ID, JAKARTA – Anak Usaha PT PLN (Persero), PLN Indonesia Power menyulap limbah abu batu bara dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai pupuk silika.

Diketahui, FABA yang telah bertransformasi menjadi pupuk silika akan digunakan sebagai penopang sektor pertanian.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra mengatakan, PLN IP yang terus melakukan inovasi di semua lini, salah satunya pupuk silika berasal dari limbah PLTU Ombilin di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar).

Baca juga: Hasan Nasbi: Adab Prabowo dengan Pendukungnya Sejalan

“PLN hadir melalui program TJSL PLN Peduli yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power, apa yang kami lakukan di Ombilin diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Edwin Nugraha Putra dalam keterangan tertulis, Kamis, 3 Agustus 2023.

Terkait hal itu, sebelum diubah menjadi pupuk, limbah abu batu bara dari PLTU itu dimanfaatkan untuk netralisasi Asam Tambang.

Menurutnya, pupuk silika yang dihasilkan dari FABA dapat dimanfaatkan untuk tanaman padi, jagung, bawang, dan cabai.

Lihat juga: Dekati Prabowo dan Ganjar, Golkar Dinilai Lakukan Akrobatik Politik

“Ke depan akan terus kami tingkatkan, karena selain untuk kesejahteraan masyarakat hal ini merupakan wujud implementasi PLN terkait aspek Environmental, Social & Governance (ESG),” pungkasnya.

Sekedar informasi, pupuk silika produk PLTU Ombilin ini telah memenuhi standar mutu SiO2 minimal enam persen berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian tentang Persyaratan Teknis Minimal Pupuk An – Organik.

Untuk diketahui, izin edarnya sendiri untuk pupuk silika juga telah didapatkan dengan merek Ombilin dari Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan nomor Pendaftaran 01.03.2023.1282 pada 8 Mei 2023. Maka, pupuk silika dari PLTU Ombilin ini terbukti aman untuk tanaman, dan dapat beredar di pasaran.

Simak juga: Senior Demokrat Kubu Moeldoko Bentuk Relawan Dukung Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close