BeritaPertanianRegional

Petani Grobogan Pecahkan Rekor Muri Pipil Jagung

BIMATA.ID, GROBOGAN – Sebanyak 1.128 petani Kabupaten Grobogan telah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) pipil jagung, di depan Kantor Bupati Grobogan, pada Kamis (24/08/2023).

Perwakilan Muri, Sri Widayati mengatakan, bahwa petani yang mengikuti kegiatan pemipilan jagung sebanyak 1128 orang. Sehingga Ia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi inspirasi pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Grobogan.

”Kami anugerahkan piagam penghargaan ini kepada Pemerintah Kabupaten Grobogan atas rekor pemrakarsa dan penyelenggara pipil jagung petani terbanyak, 1.128 petani,” kata Sri Widayati dikutip dari grobogan.go.id pada Selasa (29/08/2023).

Baca juga: Baliho Duet Prabowo – Gibran Terpampang di Labuan Bajo

Diketahui, Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengapresiasi para petani yang telah berhasil memecahkan rekor Muri pipil jagung terbanyak. Bahkan, jumlah petani yang ikut bahkan melebihi target awal, yakni 1.000 orang petani.

”Terima kasih kepada petani kita dari berbagai kecamatan. Ini luar biasa, sebanyak 1.128 petani yang ikut,” ungkap Bupati Grobogan, Sri Sumarni dalam keterangannya.

Menurutnya, Kabupaten Grobogan merupakan salah satu daerah penghasil produksi padi, jagung, dan kedelai tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan hasil produksi sektor pertanian tersebut akan terus menjadi salah satu penyangga program ketahanan pangan nasional.

Lihat juga: Jokowi Tiba di Muktamar Sufi 2023 Bareng Prabowo dan Habib Luthfi

Sebelumnya, diadakan pemecahan rekor Muri pipil jagung, Kepala Dinas Pertanian Grobogan, Sunanto, mengatakan petani jagung di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) tertolong dengan kehadiran pabrik pakan ternak karena sebagian besar komoditas yang dihasilkan terserap.

“Dari lima pabrik pakan ternak yang ada di Kabupaten Grobogan, setiap tahunnya rata-rata penyerapan jagung petani untuk mencapai 100.000 ton untuk setiap pabrik, sehingga total lima pabrik berkisar 500.000 ton jagung per tahunnya,” ujarnya di Grobogan pada, Selasa (29/08/2023).

Sekedar informasi, tingkat produksi jagung setiap tahunnya, di Grobogan dapat mencapai 835.000 ton jagung dari luas areal tanam tahun 2023 sekitar 130.000 hektare. Sedangkan, 350.000 ton jagung yang belum terserap di pabrik pakan dijual di pasar bebas.

simak juga: Beri Sambutan di HUT ke-25 PAN, Prabowo Berikan Pantun Cikini ke Gondangdia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close