BeritaPerkebunanRegional

Petani di Gunung Prau Gelar Panen Raya Emas

BIMATA.ID, TEMANGGUNG – Petani di Gunung Prau menggelar wiwitan panen mbako, guna mengawali panen raya emas hijau ini di musim tanam tahun 2023 yang dihadiri langsung oleh Bupati Temanggung HM. Al Khadziq, Asisten 2 Sekda Manda Kartiko, Camat Wonoboyo Muhammad Zar’an, tokoh masyarakat, dan para petani, Senin (21/08/2023).

Diketahui, prosesi wiwit bersama petani dimulai dengan pemetikan secara simbolis daun tembakau di ladang, diiringi doa. Setelahnya, digelar ritual merajang tembakau menggunakan gobang, dan alat perajang tradisional di lapangan desa.

Kemudian, seusai merajang daun tembakau, dilanjutkan doa-doa, dan di puncak acara diakhiri dengan kembul bujana (makan bersama), berupa makanan yang telah disajikan. Yakni, ingkung ayam, nasi megono, nasi gurih, dan sayur kudapan.

Baca juga: Prabowo Berbagi Kisah Saat Jokowi Menamai Kendaraan Taktis ‘Maung’

Menanggapi hal itu, Bupati HM. Al Khadziq mengatakan, wiwitan panen mbako tahun 2023 ini memiliki harapan agar hasil panen baik, termasuk harga layak sesuai kualitas.

“Budaya wiwitan ini harus kita teruskan. Tugas pemerintah adalah memfasilitasi petani agar tetap menanam tembakau dengan sebaik-baiknya. Pemkab memberikan bantuan kepada kelompok tani, Pak Gubernur memberikan bantuan pupuk. Pak Ganjar itu memberikan bantuan banyak ke desa-desa, pupuk, alsintan, JUT, maka masyarakat harus bersama-sama dengan pemerintah. Semoga dengan perhatian pemerintah pertanian tembakaunya tambah baik. Pesan saya jaga kualitas tembakau sebaik-baiknya, jaga kemurnian tembakau Temanggung,” ujar Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq, pada Senin (21/08/2023).

Selain itu, Camat Wonoboyo, Muhammad Zar’an menuturkan, wiwitan panen mbako 2023 yang dihadiri Bupati merupakan saat yang dinanti-nanti oleh masyarakat. Ritual wiwitan juga sudah menjadi tradisi di Desa Kebonsari yang terletak di ketinggian Gunung Prau ini.

Lihat juga: Pengamat Nilai Langkah Prabowo Akuisisi Jet Tempur F-15 EX Baru dari AS Tepat dan Bijak

“Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini masyarakat se-Kecamatan Wonoboyo hidup rukun, gotong-royong. Kemudian hasil tembakau untuk tahun ini semoga diberikan hasil yang terbaik. Mbakone sae, regane sae amin. Semoga acara hari ini mendapat rida Allah SWT,” tandasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close