BeritaNasionalPolitikUmum

Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Sulsel Ikrarkan Deklarasi Damai

BIMATA.ID, Makassar – Sebanyak 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikrarkan deklarasi damai. Pembacaan ikrar dipimpin Ketua KPU Sulsel Hasbullah serta perwakilan Bawaslu Sulsel.

Pembacaan ikrar deklarasi damai yang diinisiasi Polda Sulsel bersama KPU Sulsel ini berlangsung di Hotel Claro, Makassar, Rabu (23/8/2023). Perwakilan masing-masing parpol hadir seperti PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, Partai Buruh, Gelora, PKS, PKN, Hanura, Gerindra, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

BACA JUGA: Fadli Zon: Cawapres Prabowo Dari Kalangan Sipil dan Tokoh Muda

Deklarasi ini turut dihadiri Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Hasro, sejumlah pejabat Forkopimda Sulsel, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda. Masing-masing perwakilan parpol membacakan ikrar lalu menandatangani spanduk simbolik deklarasi damai.

Hasbullah dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap semangat dalam memberikan hak pilihnya. Dia mengatakan pemilu merupakan bagian dari bingkai demokrasi.

“Saya ingin sampaikan bingkai demokrasi politik dari pemilu ke pemilu harus kita jaga semangatnya,” kata Hasbullah.

Faisal turut memberi apresiasi kepada Kapolda Sulsel yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Dia mengaku kegiatan ini hadir atas inisiasi dari Polda Sulsel.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolda yang mengajak diskusi ini. Kalau momentum kampanye kita tunggu agak telat konsolidasi pemilu damai. Makanya hari ini kami bersyukur kegiatan ini dapat terlaksana atas inisiatif Bapak Kapolda Sulsel,” ujarnya.

Hasbullah juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan pergelaran pemilu. Untuk itu, dia meminta agar seluruh stakeholder terlibat aktif termasuk partai politik.

“Kita semua membutuhkan semua unsur terlibat, baik di pemerintahan, masyarakat, partai politik, stakeholder semua unsur masyarakat serta teman teman media semua harus terlibat dalam menyukseskan pemilu,” tandasnya.

Adapun deklarasi yang dibacakan sebagai berikut:

Kami peserta pemilu tahun 2024 dan segenap komponen warga Sulsel dengan ini menyatakan;

1. Akan senantiasa melaksanakan tahun pemilu tahun 2024 yang aman damai dan berintegritas.
2. Akan senantiasa saling menghargai dan menghormati akan hal dan perbedaan masing-masing peserta pemilu serta menolak segala bentuk kecurangan.
4. Akan senantiasa menjaga keutuhan NKRI dengan tidak melakukan politisasi sara, politik identitas, politik uang dengan bentuk alasan apapun.
5. Akan senantiasa mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu tahun 2024 dengan koridor hukum.
6. Menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, serta ujaran kebencian dalam pelaksanaan pemilu 2024
7. Akan menciptakan suasana dan kondisi tetap kondusif di Sulsel.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close