BeritaNasional

Pakar PDPI : Penjernih Udara Tak Menjamin Udara Menjadi Bersih

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Majelis Kehormatan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, tidak semua penjernih udara (air purifier) mampu menjamin udara menjadi bersih.

“Di satu sisi maka tentu anjuran ini (menggunakan penjernih udara-red) agar kita di dalam ruangan akan dapat menghirup udara yang lebih baik, tapi di sisi lain, bukan tidak mungkin akan ada berbagai jenis penjernih udara yang ditawarkan dan masyarakat  tentu tidak mudah memilihnya,” kata Tjandra, dikutip dari antaranews, Selasa (29/08/2023).

Tjandra menjelaskan, beberapa hal penting yang harus diketahui oleh masyarakat terkait penjernih udara.

Baca Juga : Beri Sambutan di HUT ke-25 PAN, Prabowo Berikan Pantun Cikini ke Gondangdia

Pertama, menurutnya, tidak ada penjernih ruangan atau filter apapun yang dapat menghilangkan seluruh polusi udara di dalam ruangan atau rumah.

Kemudian, sambungnya, semua filter yang dijual pasti memerlukan penggantian secara berkala, sedangkan telah diketahui bahwa polusi udara terdiri atas partikel dan gas.

“Nah, untuk menyaring partikel maka pilihlah penjernih ruangan portabel yang memiliki clean air delivery rate (CADR) yang cukup besar dan sanggup mencakup luas ruangan yang ada,” ujarnya.

Kalau untuk menyaring gas, Tjandra menyebutkan, maka maka pilihlah penjernih ruangan portabel yang memiliki sistem activated carbon filter atau sistem lain yang khusus didesain untuk menghilangkan gas.

“Secara umum, semakin tinggi kecepatan kipas angin dan makin lama penggunaannya akan semakin meningkatkan jumlah udara yang disaring,” tuturnya.

Selain itu, Tjandra menyarankan untuk menggunakan penjernih ruangan yang dapat menghilangkan partikel yang mencakup high-efficiency mechanical filters dan juga electronic air cleaners, seperti electrostatic precipitators.

Simak Juga : Soal Zulhas di Kabinet, Prabowo: Jadi Mendag Sulit, Almarhum Ayah Saya Prof Soemitro Pernah Mengalami

Dia melanjutkan,sebaiknya jangan gunakan penjernih ruangan yang bekerja dengan menghasilkan ozon (generating ozone), yang akan mungkin meningkatkan polusi dalam ruangan.

 “Penjernih ruangan adalah salah satu upaya yang tentu tidak menjamin sepenuhnya bahwa udara akan bersih. Yang paling utama adalah upaya pemerintah dan kita bersama agar situasi polusi di udara dapat segera dikendalikan,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close