Regional

Andi Sudirman Resmikan RSUD La Mappapenning Bone

BIMATA.ID, BONE – Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional La Mappapenning, Selasa (22/8/2023). Rumah sakit Pemprov Sulsel ini terletak di Bakunge, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone.

Rumah sakit ini resmi dipungsikan penggunaanya. Ini merupakan salah satu layanan pusat kesehatan masyarakat milik Pemprov Sulsel di luar Kota Makassar.

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya berterima kasih kepada Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi yang memberikan izin pembangunan rumah sakit ini.

“Atas nama pemerintah Provinsi Selatan saya mengucapkan terima kasih banyak yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berjasa dalam pembangunan rumah sakit ini utamanya alena to malibbikkeng (beliau) Bapak Bupati Bone yang telah mengizinkan untuk membangun rumah sakit ini di wilayahnya beserta jajarannya yang telah memberikan izin operasional melalui Dinas Kesehatan,” ujar Sudirman.

“Rumah sakit ini pembangunannya dikerjakan pada Juni tahun 2022 dan selesai pada agustus 2023. Ini satu – satunya di Indonesia rumah sakit yang selesai dalam 1 tahun dan langsung beroperasi,” lanjutnya.

Rumah sakit yang berdiri di atas lahan 4,7 hektare ini dibekali fasilitas dan teknologi serta tenaga kesehatan yang berkualitas.

“Didukung oleh dokter yang tidak diragukan kualitasnya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bone Andi Fahsar M Padjlangi menuturkan, RSUD La Mappapenning memiliki lokasi yang sangat stategis karena beberapa kabupaten di Sulsel bisa menjangkaunya dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh.

“Seperti yang kita lihat lokasi RS ini sangat strategis karena berada di sentrum 4 kabupaten. Dekat dengan Kabupaten Sinjai, Maros dan Soppeng dibanding ibukota Kabupaten Bone. Artinya keberadaan rumah sakit ini adalah untuk melayani masyarakat Sulawesi Selatan khususnya yang ada di wilayah timur,” ujarnya.

Fahsar mengatakan, pelayanan kesehatan masyarakat sangat penting apalagi melihat fasilitas peralatannya yang canggih tentunya juga diharapkan ada di ibukota Bone.

“Nama rumah sakit yang diusulkan Pak Gub tentunya nama yang fenomenal. La Mappapenning merupakan cucu dari Raja Bone ke-16 La Patau Matanna Tikka raja yang keturunannya menyebar di seluruh daerah di Sulsel. La Mappapenning ini juga mendedikasikan hidupnya membantu dan melayani masyarakat” jelasnya.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close