BeritaNasional

TNI Akan Gelar Latihan Gabungan 3 Matra, Dipimpin Langsung Oleh Panglima Yudho

BIMATA.ID, Jakarta – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono menyampaikan bahwa TNI tengah menggelar latihan gabungan tiga matra yaitu darat, laut dan udara di Situbondo, Jawa Timur. 

Panglima TNI Yudo turut berperan dalam latihan tersebut.

“Nah saat ini kita sedang melakukan latihan gabungan TNI yang nanti akan kita laksanakan manuver lapangannya di Situbondo dipimpin sendiri. Ini tidak diperankan tapi langsung diperankan oleh masing-masing Panglima Kodam, Panglima Armada, Panglima Mabes AU juga dipimpin Pangkogabwilhan sendiri. Jadi saya tidak boleh diwakilkan, termasuk saya, saya pun juga langsung main, asisten saya juga langsung main,” kata Yudo, dikutip dari detiknews, Rabu (26/07/2023).

Baca Juga : Pengamat Sebut Prabowo Subianto Jadi Jangkar Pemerintahan Jokowi Dalam Menjaga Keutuhan Bangsa

Yudo menerangkan, latihan diperankan langsung agar kemampuan anggota TNI dalam berperang bisa merata sampai ke bawah.

Selain itu, kata Yudo, TNI AL akan melaksanakan program efektivitas Kodal (Komando dan Pengendalian) dalam latihan gabungan tersebut.

“Ini supaya merata semua kemampuannya dari atas sampai bawah. Sehingga dengan program saya, juga bahwa kita akan melaksanakan program yang tentang efektivitas Kodal oleh Pangkogabwilhan, kewenangan Kodal Panglima TNI yang didelegasikan pada Pangkogabwilhan sesuai wilayah kerjanya nah ini akan kita uji di dalam latihan ini,” terangnya.

“Kemarin sudah lakukan gladi posko Kogabwilhan 1-2-3 nanti akan kita lanjutkan gladi lapangan tanggal 31 termasuk uji senjata strategis,” sambungnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close