BeritaNasionalOpiniPolitikUmum

Polri Anggarkan Rp 49 Miliar Untuk 1857 Unit Senjata Pepper Projectile

BIMATA.ID JAKARTA Polri mendatangkan ribuan senjata baru berbentuk pistol Laras pendek yang berisikan lada hingga gas air mata (pepper projectile) dengan anggaran untuk pembelian senjata tersebut mencapai puluhan miliar.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mendukung Polri dalam menangani setiap permasalahan dengan cepat dan tepat.

“Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dituntut untuk mampu menangani setiap permasalahan yang terjadi secara cepat dan tepat. Untuk itu Polri memerlukan almatsus yang merupakan alat perlindungan diri seperti senjata api laras pendek, atau pistol yang melumpuhkan tetapi tidak mematikan,” ujar Ramadhan kepada wartawan, Jumat (14/7/2023).

Sebanyak 1.857 unit senjata Pepper Projectile Launcher yang didatangkan dengan total anggaran sebesar Rp 49 miliar lebih yang bersumber dari APBN tahun 2022.

“Anggaran yang dialokasikan dalam dipa tersebut sejumlah Rp 49.900.660.763 rupiah,” kata Ramadhan.

“Pistol ini berfungsi dalam rangka menunjang operasional anggota di lapangan untuk mengambil tindakan represif dalam menangani kejahatan dan aksi unjuk rasa yang anarkis,” jelasnya

Total untuk 1.857 unit senjata itu Polri mengeluarkan dana sebesar Rp 17,46 miliar. Selain senjata, Polri juga mengeluarkan dana untuk amunisi maupun keperluan tambahan dari senjata senilai Rp 32,39 miliar terdiri dari extra magazine, kantong holder, amunisi, bubuk lada dan gas air mata,” tutupnya

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close