BeritaEkonomiEnergiNasionalPeristiwaUmum

Perlunya Bantuan Dari Pemerintah untuk Mendorong Terciptanya Hilirisasi

BIMATA.ID, Jakarta- PT Bukit Asam (PTBA) menilai perlu adanya bantuan dari pemerintah untuk mendorong terciptanya hilirisasi terutama bagi industri batubara.

VP Downstream Development, PT Bukit Asam (PTBA), Setiadi Wicaksono mengutarakan bila dorongan yang dapat membantu tercapainya hilirisasi di industri batu bara adalah mengenai ketentuan harga batubara untuk proyek gasifikasi.

BACA JUGA: Prabowo Menari Poco-poco Bareng Kader Gerindra di Jakpus

“Kemudian juga tarif royalti 0% ini bisa membantu kami di sektor industri untuk bisa jalani hilirisasi,” ujar Setiadi dikutip dari akun YouTube Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, Minggu (16/7/2023).

Selain itu, yang penting selanjutnya untuk terciptanya hilirisasi dalam industri batubara adalah memastikan Izin Usaha Pertambangan (IUP) selama proses hilirisasi terjadi.

“Karena ketika IUP bisa digaransi selama umur proyek maka ini juga akan bisa memberikan kepastian kepada invesetor terkait pasokan batubara ke dalam proyek tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA: Prabowo: Gaya Politik Kita Harus Sejuk dan Bersahabat

Faktor lainya adalah insentif pajak mulai dari Tax Holiday hingga pengurangan biaya impor dan juga biaya material yang dinilai mampu membantu ataupun menarik investor untuk dapat melaksanakan program hilirisasi.

Menurutnya, hal itu diperlukan karena industri batubara ini memiliki capital expenditure (Capex) yang cukup besar.

BACA JUGA: Prabowo Dorong Kredit Ringan UMKM untuk Masyarakat Keluar dari Kemiskinan

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close