BeritaBola

Mantan Pemain Barcelona Luis Suarez Meninggal Dunia

BIMATA.ID, Jakarta- Mantan pemain Barcelona, Luis Suarez Miramontes meninggal dunia. Salah satu pemain terbaik di eranya ini wafat pada Minggu (9/7/2023).

Luis Suarez yang dimaksud dalam artikel ini adalah gelandang legendaris Spanyol. Eks pemain andalan Barcelona dan Inter Milan itu meninggal di usia 88 tahun.

Dilansir dari AP News, Senin (10/7/2023), Inter Milan yang mengumumkan kematian mantan pemainnya itu tidak menyebutkan penyebab wafatnya Luis Suarez.

Baca juga : Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Unggul Capai 34,3%, Ganjar Turun, Anies Stagnan

Nama Luis Suarez sangat termahsyur di sepak bola Spanyol. Dia adalah satu-satunya pemain asal Negeri Matador yang berhasil meraih Ballon d’Or hingga saat ini.

Meski lahir di wilayah barat laut Spanyol di Galicia, Suarez lebih banyak memenangkan trofi besar ketika berseragam Inter Milan, termasuk European Cup 1964 dan 1965 serta tiga gelar Liga Italia.

Suárez pindah ke Inter dari Barcelona setelah memenangi dua gelar Liga Spanyol.

“Sayangnya periode terbesar dan tersuksesnya datang ketika dia tidak lagi menjadi pemain Barca,” demikian keterangan Barcelona di laman resminya.

Baca juga : Survei IPN: Prabowo Masih Ungguli Ganjar Dan Anies Di Semua Kategori

Suárez memenangkan Ballon d’Or pada tahun 1960 dan menjadi runner-up pada tahun 1961 dan 1964. Dia bermain di timnas Spanyol yang memenangkan Kejuaraan Eropa 1964, gelar besar pertamanya.

Setelah pensiun pada tahun 1973, Suárez menjalani tiga periode melatih Inter. Dia juga mengelola tim nasional Spanyol dari 1988-91.

Meski termahsyur karena Ballon d’Or, Luis Suarez merendah jika ditanya perihal prestasi memenangkan bola emas yang bahkan luput didapat superstar Spanhyol berikutnya termasuk Andres Iniesta, Xavi Hernandez dan Raul Gonzalez.

Baca juga : PKB Ungkap Partai Gelora Sudah Menaruh Hati Kepada Prabowo Subianto

“Anda membutuhkan sedikit keberuntungan yang datang ketika pemain hebat lain di masa Anda tidak tampil dengan baik. Ada pemain yang benar-benar hebat yang belum pernah memenangkan penghargaan itu. Ini bukan masalah besar,” kata Suarez perihal meraih Ballon d’Or kepada situs web FIFA.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close