BeritaNasionalPeristiwa

Dipimpin Jokowi, Prabowo Hadiri Pelantikan Calon Perwira Remaja TNI-Polri di Istana

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hadiri Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan didampingi Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 833 orang dari matra TNI dan Kepolisian yang secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan akademi militer 357 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut 94 orang, Akademi Angkatan Udara 114 orang, serta lulusan Akademi Kepolisian sejumlah 268 orang.

Baca juga: Tidak Terpengaruh Pencitraan, Prabowo Subianto Jadi Capres Pilihan Gen-Z

“Atas nama pribadi, rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai Perwira TNI dan Polri pada pagi hari ini. Saya bangga melantik saudara-saudari para perwira muda, para ksatria muda yang berani, percaya diri dan optimis yang selalu siap mendedikasikan diri dan menjadi pemersatu bangsa serta bekerja dan mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Jokowi.

Di hadapan perwira remaja, Jokowi mengingatkan setelah hari ini menjadi penanda dimulainya perjalanan dan pengabdian nyata dalam pembuktian kemampuan dan kesetiaan kepada bangsa dan negara. Apalagi, Jokowi melanjutkan, dunia militer maupun kepolisian sangat dinamis. Untuk itu, para perwira perlu mempersiapkan diri dan terus tingkatkan keahlian dan berinovasi.

“Selamat bertugas kepada para ksatria muda, selamat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, jadilah aparat yang tegak lurus pada konstitusi dan aturan, buatlah orang tuamu bangga, buatlah bangsamu bangga, kehormatan bangsa dan negara kini di pundak kalian semuanya. Jaga, rawat dan harumkan!,” pesan Jokowi.

Lihat juga: Survei LSN: Publik Nilai Jokowi Cenderung Dukung Prabowo Dibanding Ganjar

Selain lantik capaja, Jokowi juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa kepada empat lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri, yaitu dari Akademi Militer Letnan Dua Sawung Setiawan S Tr (Han), dari Akademi Angkatan Laut Letnan Dua Pelaut Hermawan Burhanudin Tri Putro, S Tr (Han) dan dari Akademi Angkatan Udara Letnan Dua Penerbang Muhammad Galuh Safari Rahmat, S Tr (Han), serta Akademi Polisi: Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis S Tr K.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI Nomor 52 TNI Tahun 2023 dan Nomor 53 Polri Tahun 2023 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close