BeritaPolitikRegional

Lolly Suhenty Lakukan Peninjauan Kesiapan Personil Pengawas Pemilu di Sumedang

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) Lolly Suhenty, melakukan peninjauan kesiapan personil pengawas pemilu di Bawaslu Kabupaten Sumedang dan Panitia Pengawas Kecamatan Sumedang Selatan.

Kegiatan ini merupakan sebagai rangkaian kunjungan kerja dirinya dalam rangka supervisi kinerja pengawas pemilu di wilayah Kabupaten Sumedang, dikutip dari salah satu website media berita, Selasa (02/05/2023).

Diketahui pada kunjungan tersebut Lolly Suhenty turut didampingi oleh Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat Zaki Hilmi dan Sutarno serta ketua dan anggota Bawaslu kabupaten Sumedang.

Kemudian, Lolly mengungkapkan, bahwa dirinya ditugaskan oleh Ketua Bawaslu RI untuk mengecek kantor Bawaslu Kabupaten Sumedang setelah libur lebaran dan jajaran komisioner dan sekretariat Bawaslu kabupaten Sumedang siap berada di kantor untuk melakukan kerja pengawasan.

Baca Juga : Peluk Hangat dan Keakraban Prabowo saat Terima Kunjungan Lenis Kogoya

Dimana seperti diketahui saat ini proses pemutakhiran data pemilih (mutarlih) dalam rangka memperbaharui data pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap dari pemilu atau pemilihan terakhir yang dimutakhirkan oleh KPU sedang berlangsung.

“Dalam masa tahapan berjalan meskipun masih banyak orang yang masih mudik, seiring dengan hari raya idul fitri, tapi Bawaslu jangan sampai kantornya tutup dalam kontek ini kita perlu mengecek apakah kantor Bawaslu Kabupaten Sumedang tetap buka, lalu yang kedua mengecek kesiapan sahabat-sahabat di Bawaslu Kabupaten Sumedang untuk proses mutarlih yang masih berlangsung termasuk juga untuk pengawasan tahapan pencalonan yang saat ini sudah bergerak,” ujar Lolly.

Lolly menerangkan, ia datang ke kantor sekretariat Panwascam Sumedang Selatan ini. Dan telah berdiskusi langsung dengan jajaran Panwascam dan Pengawas Kelurahan Desa untuk membangun semangat bagi mereka yang bertugas.

Cek Juga : Usai Bertemu Dengan Prabowo, Airlangga : Kami Punya Hubungan Yang Baik

“Jadi memang pada kesempatan ini supervisi dilakukan untuk memastikan semua jajaran pengawas pemilu di kabupaten Sumedang siap, kemudian juga gerak cepat untuk melakukan kerja pengawasan, salah satunya kami juga langsung mengecek bagaimana teman-teman pengawas pemilu kecamatan di wilayah Sumedang Selatan kami diskusi dan menyemangati jajaran Panwascam karena disana kerja pengawasan akan tampak.” imbuhnya.

Selain itu, Lolly mengatakan, jajaran pengawas pemilu pada saat ini harus fokus mengawal jalannya proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan KPU, karena proses mutarlih berkaitan dengan hak warga negara untuk memilih di Pemilu tahun 2024.

“Pertama untuk proses mutarlih proses yang harus dikawal secara kuat, karena menyangkut soal hak konstituen kita ya, hak konstitusional warga negara berkenaan dengan hak mereka memilih saat hari pemungutan suara berlangsung, sehingga data memang harus akurat tidak boleh orang yang mempunyai hak pilih tidak bisa memilih pada hari pemungutan suara,” tuturnya.

Simak Juga : Dukung Prabowo Nyapres, Wiranto: Sekarang Adik Saya, Silakan Maju

Mengingat saat ini memasuki tahapan pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Lolly mengingatkan, kepada Bawaslu Kabupaten/Kota termasuk Panwascam dan jajarannya untuk memastikan kembali data-data yang dapat berpotensi terdapat kegandaan pemilih.

“Kita akan memasuki tahapan DPSHP maka jajaran dibawah hari ini, termasuk jajaran Panwascam, Bawaslu Kabupaten kota untuk melakukan pengecekan kembali potensi kegandaan pemilih dan lain-lain, sehingga dalam konteks ini jajaran pengawas pemilu baik komisioner maupun jajaran sekretariat harus ready bekerja satu kali dua puluh empat jam,” ucapnya.

Lalu untuk tahapan pencalonan yang berkenaan pencalonan legislatif saat ini yang sedang berjalan, Lolly meminta adanya sinergi yang kuat antara Bawaslu Kabupaten Sumedang bersama dengan KPU Kabupaten Sumedang, supaya proses pengawasannya tidak ada kendala.

“Sekali lagi kenapa ini harus dilakukan, Pemilu 2024 ini akan berjalan baik ketika prosesnya dikawal dengan baik,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close