BeritaBolaInternasional

Prancis Tak Izinkan Pemain Muslim Buka Puasa di Tengah Laga, Fans PSG Kasih Sindiran

BIMATA.ID, Jakarta- Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) tidak mengizinkan pemain muslim untuk buka puasa di tengah pertandingan. Fans Paris Saint-Germain (PSG) pun menyampaikan kritik keras saat timnya menghadapi Olympique Lyon, Senin (3/4/2023).

Fans Paris Saint-Germain (PSG) mengecam FFF yanng menolak menghentikan pertandingan malam sejenak untuk memberikan waktu para pemain muslim berbuka puasa di buka suci Ramdhan.

FFF beralasan bahwa sikap mereka merupakan sebuah “netralitas sepak bola di tempat latihan”.

Baca juga : Iwan Bule Nyatakan Dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024

“Tanggal, segelas air, mimpi buruk FFF,” tulis sebuah kalimat yang dibentangkan fans garis keras PSG, Collectif Ultras Paris, di belakang gawang Parc des Princes, sebagai kritik terhadap FFF.

Mereka menyampaikan protes tersebut ketika PSG menjamu Lyon dalam laga pekan ke-29 Ligue 1 Prancis 2022-2023 yang pada akhirnya dimenangkan tim tamu dengan skor tipis 1-0.

FFF dilaporkan telah mengirim email ke Komisi Wasit Federal (CFA) untuk melarang interupsi selama pertandingan sepak bola bagi pemain Muslim untuk membiarkan mereka berbuka puasa.

Baca juga : Diendorse Jokowi Ke Sana Ke Mari, Pengamat: Presiden 2024 Jatah Prabowo

E-mail yang bocor itu juga mengatakan bahwa siapa pun yang melanggar ketentuan akan dikenakan tindakan disipliner dan/atau pidana.

Keputusan itu merujuk undang-undang tahun 1905 di Prancis yang meresmikan pemisahan Gereja dan Negara.

Berbeda dengan Ligue 1 Prancis, Liga Inggris pekan lalu mengumumkan bahwa para pemain diperbolehkan berbuka puasa di tengah pertandingan selama bulan Ramadhan.

Baca juga : Prabowo Subianto Berpeluang Diusung Koalisi Pemerintah

Pemain Nantes Dicoret dari Skuad karena Puasa

Jaouen Hadjam, bek Nantes berusia 20 tahun, dikeluarkan dari skuad pertandingan oleh pelatih kepala tim senior Antoine Kombouare karena berpuasa pada hari pertandingan selama Ramadan.

Tentang absennya pemain Aljazair-Prancis Hadjam, Kombouare mengatakan bahwa para pemain “tidak boleh berpuasa” agar fit dan menghindari cedera selama pertandingan.

“Dan mereka yang berpuasa tidak masuk grup,” katanya karena tidak memilih Hadjam untuk pertandingan kontra Reims.

Baca juga : Prabowo Jadi Rebutan Swafoto, Netizen: Presiden Masa Depan

Pada Minggu, Nantes yang tanpa kehadiran Hadjam menderita kekalahan telak 0-3 dari Reims dalam lanjutan Ligue 1 Prancis di Stade De La Beaujoire, sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (4/4/2023).

 

Tulisan terkait

Bimata
Close