BeritaKesehatanRegional

Pemkab Bogor Akan Bentuk Satgas Khusus Polio

BIMATA.ID, Kabupaten Bogor – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan  mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Provinsi Jawa Barat, segera membentuk tim satuan tugas (satgas) khusus terdiri atas beberapa instansi untuk mengantisipasi kasus polio di daerah itu.

“Jadi nanti tim yang bekerja tugasnya harus jelas, jangan sampai laporan kita nol tapi di lapangan ada, takut juga ini. Ya mudah-mudahan tidak ada di Kabupaten Bogor,” kata Iwan, dikutip dari antaranews, Rabu (05/04/2023).

Iwan menjelaskan, tim tersebut akan bekerja secara spesifik dalam pencegahan dan sosialisasi mengenai polio, serta mengajak masyarakat yang memiliki balita untuk ikut dalam Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang saat ini sedang diselenggarakan.

Baca Juga : Hary Tanoe Akan Sambangi Kediaman Prabowo Sore ini

Dirinya mengaku khawatir jika ada kasus polio di Kabupaten Bogor yang tidak terdeteksi dengan benar, sehingga tim khusus yang dibentuk bekerja untuk menanggulangi dan meminimalisir hal tersebut.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan 542.530 balita usia 0-59 bulan menerima imunisasi polio selama pelaksanaan Sub PIN Polio putaran pertama pada 3-15 April 2023.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Mike Kaltarina menjelaskan pelaksanaan Sub PIN Polio dalam penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) polio di Jawa Barat ini dua putaran.

“Target cakupannya 95 persen untuk setiap putaran. Jadi jarak minimal antar putaran itu minimal satu bulan. Namun, jika berdasarkan kajian epidemiologi masih ditemukan risiko penularan maka dapat dilakukan sub PIN berikutnya atau mop-up,” tuturnya.

Simak Juga : Iwan Bule Nyatakan Dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024

Dia menegaskan balita yang sebelumnya telah menerima imunisasi polio maka diimbau untuk mengikuti Sub PIN Polio kali ini.

“Karena itu tadi ada status KLB polio di Jawa Barat. Karena polio bisa menular melalui berbagai media, seperti air. Jadi ini bisa dicegah, tapi tidak bisa disembuhkan. Jadi jaga pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close