BeritaEkonomiRegionalUMKM

Kemenparekraf : Wilayah Majalaya Berpotensi Menjadi Tujuan Wisata Sarung

BIMATA.ID, Bandung – Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf Dessy Ruhati saat festival sarung Majalaya, di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat,mengatakan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut daerah Majalaya, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, berpotensi menjadi destinasi wisata dengan kekhasan sarung.

Dessy mengatakan, warga yang memproduksi sarung di Majalaya sudah dilakukan turun temurun sejak abad ke-17, menurut dirinya, budaya sarung sudah mengakar dan menjadi bagian kehidupan masyarakat di Majalaya.

“Ini akan kita jadikan bagian sustainable tourism, dan kami berharap sarung Majalaya juga di mana nanti ada destinasi wisata sarung yang mungkin bisa menjadi bagian salah satu desa-desa wisata yang ada di Indonesia,” kata Dessy, antaranews, Kamis (16/03/2023).

Baca Juga : Prabowo ‘Dikepung’ Srikandi TNI AU Usai Dianugerahi Warga Kehormatan Kopasgat

Dia menuturkan, nantinya warga penggiat dan produsen sarung di Majalaya pun bisa menonjolkan motif-motif kuno yang menjadi ciri khas wilayah tersebut.

“Nah ini menjadi suatu perjalanan yang menarik dan memperkaya masyarakat dalam program bangga berwisata di Indonesia,” ujarnya.

Dalam hal tersebut, menurutnya produksi bisa dilakukan dengan proses pewarnaan alami. Hal itu, kata dia, bisa menjadi pembeda karena kain dari benang sutera dan benang katun itu bisa dibajak motifnya.

Oleh karena itu, dia pun berharap pemerintah daerah (Pemda) bisa bekerja sama dengan komunitas tekstil dalam mendorong wilayah Majalaya menjadi desa wisata sarung.

“Tidak mustahil mungkin suatu hari bisa bekerja sama dengan teman-teman dari negara lain. Contohnya seperti teman-teman NTT (Nusa Tenggara Timur) sudah menjadi sister city bagi tenun di daerah Jepang,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengatakan dulunya wilayah Majalaya terkenal dengan istilah “Kota Dollar” karena produksi sarung. 

Simak Juga : Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Dia pun mengaku pihak Pemerintah Kabupaten Bandung ingin mengembalikan lagi istilah tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi semua pihak yang membangkitkan kembali sehingga ada dukungan dari masyarakat yang tadinya apatis di sini, masyarakat sudah sangat tidak percaya diri, mudah-mudahan dengan event ini punya semangat lagi,” kata Sahrul.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close