BeritaHeadlineNasionalOpiniPolitik

Survei IPS: Elektabilitas Prabowo Subianto Tembus 30,2%

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) hingga bakal calon presiden (Capres) 2024 menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto, tembus 30,2%.

Survei IPS dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 8 Agustus 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sampel populasi tersebut adalah warga negara Indonesia (WNI) yang sudah mempunyai hak pilih atau penduduk telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error survei +- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner. Sampel yang diperoleh petugas-petugas survei IPS yang tersebar di seluruh Indonesia terlebih dahulu kami validasi, untuk mengetahui apakah sampel survei IPS kali ini valid atau tidak.

Dalam survei itu, IPS menanyakan kepada responden soal pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Pertanyaannya adalah ‘Seandainya saat ini dilaksanakan Pilpres, siapakah yang akan Ibu/Bapak/Saudara pilih dari sejumlah tokoh?’

  1. Prabowo Subianto: 30,2%
  2. Ganjar Pranowo: 19,8%
  3. Anies Baswedan: 18,9%
  4. Ridwan Kamil: 7,2%
  5. Sandiaga Uno: 5,7%
  6. Agus H Yudhoyono: 4,4%
  7. Erick Thohir: 3,7%
  8. Puan Maharani: 2,9%
  9. Airlangga Hartarto: 2,5%
  10. Muhaimin Iskandar: 1,9%
  11. Undecided: 2,8%

“Secara umum belum ada perubahan preferensi Capres dibandingkan survei IPS sebelumnya. Hanya Prabowo Subianto yang mengalami peningkatan elektabilitas. Sementara, elektabilitas tokoh-tokoh lain cenderung stagnan,” tutur peneliti senior IPS, Alfin Sugianto, dalam keterangan tertulis, Rabu (10/08/2022).

Sebanyak 30,2% responden mengaku bakal memilih Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto. Kemudian 19,8% responden menyatakan akan memilih Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo dan 18,9% memilih Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Hasil survei IPS kali ini menegaskan, bahwa untuk pertama kalinya elektabilitas Prabowo Subianto menembus angka 30%. Padahal, selama ini Ketua Umum Partai Gerindra itu belum banyak melakukan gerakan di masyarakat dan dideklarasikan sebagai Capres oleh komunitas-komunitas,” ucapnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close