Umum

Pira Jawa Barat Support Pengembangan UMKM

BIMATA.ID, KABUPATEN BOGOR — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat yang juga ketua PIRA Jawa Barat, Prasetyawati mengatakan bahwa peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  menjadi pilar penting dalam meningkatkan ekonomi rakyat.

Hal itu disampaikan untuk terus memberikan dukungan kepada pelaku UMKM dalam pengembangannya sehingga terus memberikan manfaat dan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

“Pertama, pelaku bisnis UMKM sangat banyak. Kedua, kualitas dan kreativitas para pelaku bisnis UMKM tergolong berpotensi membuka kesempatan kerja serta peningkatan pendapatan bagi para pelaku usaha UMKM,” ungkapnya

Ketiga, bisnis UMKM tidak menuntut jenjang pendidikan yang tinggi sehingga masyarakat Indonesia dengan tingkat pendidikan rendah pun mampu menjadi pelaku usaha ini.

Sebagai Ketua PIRA Jabar Prasetyawati akan lebih meningkatkan kegiatan yang melibatkan pelaku UMKM terutama bagi Kader PIRA, tujuannya agar kader-kader PIRA dapat mandiri secara ekonomi, sehingga dapat menunjang ekonomi keluarga.

“Saat ini UMKM menyerap tenaga kerja cukup besar, berdasarkan data yang ada yaitu 97% dari daya serap dunia usaha pada tahun 2020,” kata Prasetyawati usai mengunjungi Stand UMKM PIRA di Tarikolot Expo 2022 Citeureup, Senin 15 Agustus 2024.

Dia menjelaskan bahwa jumlah UMKM yang banyak berbanding lurus dengan banyaknya lapangan pekerjaan di Indonesia sehingga UMKM memiliki andil besar dalam penyerapan tenaga kerja.

“Ekonomi bangsa dan negara di masa-masa sulit ini, akan terjaga dengan UMKM,”paparnya

*****

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close