EkonomiBeritaNasional

Pemerintah Targetkan PDB Naik 3 Kali Lipat di 2035

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah melauli Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menargetkan pendapatan nasional bruto (grss nation in come) (GNI) per kapita Indonesia di tahun 2035 naik 3 kali lipat dari sekarang. Artinya, pada dalam 12 tahun ke depan pendapatannya harus sekitar USD 12.000 per kapita dari USD 4.140 (per 2021).

“Dari sekarang sampai 2035 ini naik 3 kali lipat di USD 12.000,” kata Airlangga dalam seminar bertajuk Tantangan Perubahan Iklim : Dimensi Ekonomi dan Politik di Jakarta, Senin (22/08/2022).

Dirinya menilai target tersebut bisa dicapai jika pemerintah bisa mengoptimalkan bonus demografi yang sedang terjadi. Mengingat saat ini Indonesia sedang menikmati bonus demografi sampai tahun 2035 mendatang.

“Kita ini dapat bonus demografi sampai 2035, artinya orang yang berusia 16-45 tahun (generasi muda) jumlahnya mencapai 60 persen,” ujar Airlangga.

Negara-negara maju saat ini kata Airlangga merupakan negara yang berhasil mengoptimalkan bonus demografi yang dialami. Waktu-waktu seperti ini menjadi sangat penting bagi Indonesia untuk keluar dari jebakan negara kelas menengah.

“Negara maju dicapai saat mendapat bonus demografi. Hampir tidak ada negara yang terjebak dalam midle income trap, ini semua sudah lewat,”pungkasnya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close