BeritaHukumRegional

Kapal Nelayan Merauke Ditembak Tentara Papua Nugini, Nahkoda Kapal Meninggal di Tempat

BIMATA.ID, Papua – Tentara Papua Nugini diduga menembak kapal nelayan asal Merauke, Papua, yang masuk ke perairan Papua Nugini. Akibatnya, nahkoda kapal yang bernama Sugeng tewas tertembak.

“Memang ada laporan terkait penembakan yang dilakukan tentara Papua Nugini, yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah negara tersebut,” tutur Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzanna Wanggai di Jayapura, Rabu (24/08/2022).

Dari laporan awal yang diterima pada Senin, 22 Agustus 2022, terungkap ada tiga kapal nelayan yang menangkap ikan di perairan Papua Nugini. Dua kapal berhasil ditangkap dan satu kapal melarikan diri.

Saat melarikan diri itulah, kapal tersebut ditembak hingga mengenai nahkoda bernama Sugeng. Suzanna menyampaikan, kapal dan korban sudah tiba di Merauke.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiono menduga, penembakan yang dilakukan tentara Papua Nugini terhadap kapal nelayan Merauke hingga menewaskan nakhoda kapal Sugeng, dilakukan dari jarak dekat.

Dugaan itu lantaran korban terkena tembakan di bagian kepala hingga meninggal di tempat. Sedangkan, bila menembak dari atas perahu motor agak susah karena ombak. Brigjen TNI (Mar) Gatot melanjutkan, semestinya aparat keamanan Papua Nugini tidak langsung menembak ke sasaran yang mematikan karena ada prosedurnya.

Berdasarkan laporan yang diterima oleh TNI AL, kapal nelayan Merauke telah masuk jauh ke perairan Papua Nugini untuk menangkap ikan kakap putih yang diambil gelembungnya secara ilegal.

KMN Calvin 02 telah tiba di Dermaga Perikanan Nusantara sekitar pukul 08.30 WIT bersama sembilan ABK, termasuk jenazah korban penembakan.

Brigjen TNI (Mar) Gatot menyatakan, dari laporan yang diterima, saat insiden penembakan tersebut terjadi ada dua kapal nelayan yang sudah ditangkap aparat keamanan PNG. Sedangkan, KMN Calvin O2 setelah ditembak dapat kembali dan tiba di Merauke.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close