Berita

BMKG Minta Warga NTT Waspada Potensi Angin Kencang di Tiga Hari Kedepan

BIMATA.ID, Kupang – Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agung Sudiono Abadi mengimbau warga agar mewaspadai potensi angin kencang yang berpeluang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tiga hari kedepan.

“Angin kencang berpotensi melanda wilayah NTT selama tiga hari kedepan (25-27 Agustus) sehingga masyarakat perlu mewaspadai potensi dampak yang ditimbulkan,” katanya, Kamis (25/08/2022).

Pihaknya juga mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah NTT yang berlaku selama 25-27 Agustus angin kencang berpotensi melanda seluruh wilayah NTT selama 25-26 Agustus. Sementara pada 27 Agustus berpotensi melanda wilayah Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Alor, dan Pulau Lembata.

“Masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi angin kencang yang dapat mengakibatkan tumbangnya pohon, tiang, baliho, dan lainnya yang dapat mengancam keselamatan warga sekitar,” ucapnya.

Ia mengatakan pada umumnya peristiwa karhutla terjadi akibat aksi manusia baik disengaja maupun tidak seperti membuka lahan dengan cara membakar maupun membuang puntung rokok secara sembarangan di area terbuka.

“Aksi yang dapat menimbulkan titik api seperti ini yang perlu dihindari karena api bisa meluas dengan cepat dan sulit dikendalikan dalam kondisi angin kencang,” katanya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close