Berita

BMKG Menyatakan Terjadi Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Bengkulu dan Tidak Berpotensi Tsunami

BIMATA.ID, Bengkulu – Analis Gempa Bumi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kepahiang Sabar Ardiansyah menyatakan, Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Kamis (25/8) berdasarkan data dari pusat gempa terjadi di dalam perairan laut dengan kedalaman 10 kilometer di perairan Kepulauan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

“Memang benar terjadi gempa yang terjadi sekitar pukul 10.21WIB berada di dalam laut yang jaraknya berada di perairan Pulau Enggano,Tepatnya di 4.60 Lintang Selatan, 101.88 Barat Tenggara atau 93 kilometer Barat Laut Pulau Enggano Provinsi Bengkulu,” katanya, Kamis (25/08/2022).

Pihaknya juga meminta kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak panik saat terjadi gempa bumi, namun harus tetap waspada.

“Meskipun beberapa hari lalu terjadi gempa berkekuatan 6.3 magnitudo dan disusul dengan gempa susulan yang berkekuatan di bawah 5 magnitudo warga diminta untuk tidak panik serta selalu waspada,” ucapnya.

Dia juga mengatakan kepada warga selalu mencari informasi terkait gempa kepada sumber yang benar seperti BMKG, BPBD dan media yang telah terkonfirmasi kredibilitasnya.

“Provinsi Bengkulu merupakan wilayah aktif terjadinya gempa dan masyarakat diminta untuk tidak mudah terpancing dengan isu hoaks,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close